Ad imageAd image

Museum Nasional Kebakaran, Nadiem Bentuk Tim Investigasi: Untuk Selamatkan Artefak dan Benda Bersejarah

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 2 Views
1 Min Read
Museum nasional kebakaran. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan akan membentuk tim gabungan untuk menginventarisir benda-benda sejarah di Museum Nasional. Katanya, menyelamatkan benda bersejarah di museum menjadi priotritasnya saat ini.

“Jadi mungkin pertama prioritas utama kita sekarang adalah sebenarnya menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak dan benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini. Itu adalah prioritas utama kami,” ujar Nadiem kepada wartawan, di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/23) dini hari.

Kata Nadiem, saat ini pihaknya juga telah membentuk tim gabungan dan akan segera mencatat kerusakan benda-benda di museum. Dia menyebut tim gabungan itu, terdiri dari tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian, dan juga aparat pemadam kebakaran.

Selain mencatat kerusakan benda-benda di museum, Nadiem mengatakan, tim tersebut akan mengamankan benda yang masih bisa diamankan.

Namun, dia menyatakan saat ini inventarisasi belum dilakukan karena keamanan. Bangunan museum pasca kebakaran masih harus diwaspadai.

“Saat ini belum bisa masuk kita ke dalam nya untuk melakukan inventarisasi ya dari barang-barang tersebut. Karena dari aparat pemadam kebakaran belum disebut aman,” jelasnya.

Share this Article