Ad imageAd image

Muhammadiyah Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 828 Views
2 Min Read
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada para pemenang Pemilu 2024, baik itu pilpres maupun pileg, yang telah ditetapkan secara resmi oleh KPU RI.

Ucapan selamat tersebut disampaikan melalui pernyataan resmi PP Muhammadiyah Nomor: 002/PER/I.0/I/2024 tentang Hasil Pemilu 2024. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum, Abdul Mu’ti, pada Jumat (22/3).

“Menyampaikan selamat kepada anggota legislatif DPR, DPRD II, DPRD I, DPD, dan Presiden-Wakil Presiden terpilih dengan tetap menunggu penyelesaian sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK),” katanya dalam pernyataan tersebut.

BACA JUGA:   Tahapan Pemilu Akan Dimulai, KPU Dorong Pemerintah Segera Terbitkan Perppu Pemilu

PP Muhammadiyah menekankan pentingnya para terpilih menjalankan tugas dengan jiwa negarawan, penuh tanggung jawab, dan memperhatikan amanat rakyat yang sangat berat.

Muhammadiyah juga menyatakan penghormatan terhadap pihak-pihak yang mengajukan gugatan ke MK sebagai langkah konstitusional, damai, dan elegan, dengan kesadaran bahwa keputusan MK bersifat final dan mengikat bagi semua pihak.

PP Muhammadiyah mengajak masyarakat untuk menghadapi hasil pemilu sebagai bagian dari realitas politik dan konsekuensi dari sistem demokrasi yang dipilih oleh bangsa Indonesia.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat menerima hasil pemilu dengan sikap yang arif, bijaksana, dan legawa, sambil memberikan catatan kritis.

BACA JUGA:   Naskah Pidato Lengkap Harlah Pancasila Jokowi, Bicara Krisis Dunia hingga Pemilu 2024

Terakhir, PP Muhammadiyah meminta MK untuk bertindak lebih profesional dan tidak memihak dalam menyelesaikan sengketa pemilu. Penyelesaian sengketa pemilu yang adil dan objektif dianggap sebagai solusi dan memberikan kepastian politik.

KPU telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 pada Rabu (20/3) malam. Pasangan tersebut meraih 96,2 juta suara atau 58,5 persen suara sah, dan unggul di 36 dari total 38 provinsi.

Pasangan ini mengungguli pesaingnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), yang mendapatkan 40 juta suara, serta pasangan Ganjar-Mahfud yang hanya meraih 27 juta suara.

BACA JUGA:   KPU Telah Tetapkan Hari Pemilu 2024 untuk WNI Luar Negeri, Berikut Daftar Tanggalnya
Share this Article
Leave a comment