Ad imageAd image

Mitsubishi Luncurkan Mobil Listik Mungil Murah

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 179 Views
5 Min Read
Mitsubishi eK X EV (dok. Mitsubishi)
INDORAYA – Untuk memudahkan aktivitas masyarakat di perkotaan, Mitsubishi Motors meluncurkan mobil terbaru dengan bentuk yang mungil atau disebut key car. Mobil tersebut diberi nama Mitsubishi eK X EV.
Mitsubishi eK X EV menjadi salah satu mobil listrik yang murah dibandingkan dengan mobil listrik lainnya. Mobil tersebut hanya dibandrol Rp 200 jutaan saja.

Di Jepang, mobil listrik mungil ini mendapatkan subsidi. Bagi pelanggan yang menerima subsidi 550.000 yen, harga mobil ini menjadi mulai dari 1.848.000 yen (termasuk pajak konsumsi 10 persen) atau setara Rp 213 juta. Di beberapa daerah, subsidi dari pemerintah daerah juga dapat digunakan, sehingga harga tersebut menjadi lebih terjangkau.

Secara tampilan, mobil listrik ini memiliki gaya seperti SUV dengan warna warna two-tone baru yakni Mist Blue Pearl dan Copper Metallic memberikan tampilan bersih pada mobil, serta menekankan karakternya sebagai EV. Dalam layar LCD berwarna 7 inci dan tuas shift elektrik diadopsi untuk memberikan fungsionalitas lebih sebagai EV.

BACA JUGA:   6 Mitos Tentang Makanan Beku Yang Tak Boleh Dipercaya

Dengan mengoptimalkan tata letak sistem EV yang baru dikembangkan, eK X EV menawarkan kabin yang luas dan nyaman sama dengan model bensin. Mobil ini juga dapat memberikan stabilitas kemudi yang tinggi dan kenyamanan berkendara yang lebih dikarenakan pusat gravitasi yang rendah yang terletak di depan-belakang mobil agar dapat memberikan distribusi berat yang sesuai.

Mitsubishi eK X EV dilengkapi dengan baterai penggerak yang baru dikembangkan dengan total kapasitas daya 20 kilowatt (kWh). Mitsubishi mengklaim eK X EV ini bisa menempuh jarak 180 km sekali ngecas. Hal ini cukup untuk penggunaan harian karena sekitar 80% pengguna kei car di Jepang berkendara 50 km atau kurang per hari. Diperkirakan sebagian besar pengguna dapat berkendara selama dua hari tanpa mengisi ulang.

Kendaraan dilengkapi dengan dua port pengisian – pengisian biasa (AC200V/14.5A), yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai pengisian penuh, dan pengisian cepat, yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menyelesaikan pengisian 80 persen.

BACA JUGA:   Antisipasi Covid-19, Disbudpar Semarang Imbau Masyarakat Taati Prokes Saat Berwisata

Dengan penerapan sistem pendingin dari AC dalam baterai penggerak yang dapat mengatur kenaikan suhu di baterai, tingkat pengisian daya yang tinggi dapat dipertahankan bahkan setelah mengemudi kecepatan tinggi berulang kali dan pengisian cepat.

Baterai pada mobil listrik Mitsubishi ini dapat diandalkan dalam keadaan darurat dan dapat digunakan sebagai sumber daya listrik yang nyaman untuk peralatan melalui adaptor V2L7. Selain itu, dengan perangkat V2H8, ini juga membantu meringankan masalah pasokan dan permintaan daya dengan memungkinkan daya digunakan di rumah atau untuk mengisi daya kendaraan.

All-new eK X EV tersedia dalam dua varian. Varian G telah dilengkapi dengan LCD berwarna 7 inci dan Mode Operasi Pedal Inovatif, sedangkan varian P dilengkapi dengan fitur tambahan termasuk SOS Emergency Assistance dan sistem navigasi Smartphone-link (SDA) 9 inci sebagai standar.

Mitsubishi eK X EV juga dibekali fitur canggih MI-PILOT.Ini adalah kendaraan Mitsubishi pertama yang menggunakan sistem pendukung parkir MI-PILOT untuk dapat membantu kelancaran parkir. Sistem secara otomatis mendeteksi kemungkinan posisi parkir dan dapat menangani parkir mundur, parkir maju, atau parkir paralel. (Opsi pabrik untuk varian P).

BACA JUGA:   Salurkan Bantuan PIP Untuk Siswa Kurang Mampu, Ini Harapan Yeti Kristianti

Mitsubishi eK X EV juga dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudi satu jalur MI-PILOT10untuk jalan raya. Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keep Assist (LKA) berfungsi mengurangi beban pengemudi dengan menjaga jarak aman dari kendaraan di depan dan tetap berada di dekat pusat lajur. (Opsi pabrik untuk varian P dan G).

Mitsubishi Connect pada mobil ini mendukung pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Selain SOS Emergency Assistance, sistem ini mendukung pengalaman berkendara dengan fitur-fitur yang nyaman seperti Vehicle Status Report, yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa level baterai drive yang tersisa dan status pintu, Remote Climate Control, yang memungkinkan pengguna menyalakan AC dari jarak jauh, Remote Charge, yang memberi tahu pengemudi saat pengisian selesai, dan Car Finder, yang menemukan tempat kendaraan diparkir.(FZ)

Share this Article