Ad imageAd image

Meski Cuma Juara Kedua, Kerang Hijau Saus Pedas Bikinan Suwarti Manjakan Lidah Juri

Kartika Ayu
By Kartika Ayu 105 Views
4 Min Read

INDORAYA – Kerang Hijau Saus Pedas Manis Jagung bikinan Suwarti, sukses merebut juara kedua dalam lomba masak yang diselenggarakan oleh Forum Pengusaha Kendal (FPK) yang digelar di Rumah Makan Kebon Jati, Arteri Kaliwungu belum lama ini.

Hasil masakan pemilik UMKM Gavindy, yang sehari-hari memproduksi pukis dan aneka kue kering asal RT 04 RW 01, Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal tersebut, sukses memanjakan lidah tim penilai.

“Masaknya sih biasa saja, seperti kebanyakan orang memasak kerang. Tapi ada bumbu racikan yang saya olah sendiri. Alhamdulillah masakan olahan saya disukai panitia. Bahkan kemarin sampai diborong oleh panitia,” ungkap Suwarti kepada halosemarang.id, Senin (10/1/2022).

Meski dirinya dan beberapa peserta harus membawa peralatan dan perlengkapan masak sendiri, namun para pelaku UMKM kuliner se-Kabupaten Kendal terlihat antusias beradu keberuntungan dalam mengolah dan menyajikan keterampilan mereka. Menariknya, dalam lomba memasak ini peserta bebas memilih menu masak apa saja, alias tanpa kategori.

BACA JUGA:   Tiba di Batang, Tank dan Dua Meriam Hibah dari TNI AL Percantik Alun-Alun

Sebelumnya, Sekretaris Forum Pengusaha Kendal, Agus Umar yang juga selaku panitia penyelenggara mengatakan, peserta menyajikan masakan dengan nama-nama unik.

“Ada Bandeng Glopot, Bandeng Saus Tiram, Bulhar Iga Kambing, Gado-gado Khas Kendal, Nasi Rawon Jawa Timur, Coto Makassar, Nasi Biryani, hingga Sup Ikan Hiu,” paparnya.

Menurutnya, lomba memasak memperebutkan hadiah total Rp 1 juta dan dalam lomba ini, peserta dibebaskan memasak apa saja.

“Aturan mainnya, bahan baku tidak lebih dari Rp 50 ribu, dengan kriteria penilaian hanya meliputi rasa dan keelokan penyajian. Selebihnya, yang penting enak,” ujar Umar.

Ia juga menjelaskan, lomba memasak ini bertujuan memantik kepedulian para pengusaha Kendal untuk bersama-sama mengangkat potensi-potensi UMKM. Ditambahkan, setelah melalui penilaian dewan juri yang terdiri atas beberapa pengurus FPK sendiri, ditetapkan tiga pemenang.

BACA JUGA:   DP3AKB Jateng Siap Beri Trauma Healing Warga Wadas

“Juara Pertama adalah olahan Bandeng Glopot, Buntil Daun Pepaya, serta Onde-onde “Marndiyah” atau akronim “Marem, Guedhi, tur Nggayah,” yang berarti “memuaskan, besar, dan hebat” hasil olahan Mujiati Suwito yang dikenal dengan sapaan Mbak Amik,” terang Umar.

Untuk juara Kedua diraih Suwarti dari Bandengan Kota Kendal, dengan masakan kerang hijau saus pedas.

Sedangkan juara ketiga adalah sajian Kueku, milik Sri Widiyarti alias Wiwit. Pemilik usaha Dapur Wiwit, yang beralamat di Dukuh Ploso, RT 06/RW 01, Desa Tamangede, Kecamatan Gemuh dengan aneka camilan ndeso atau kue basah tradisional karakter ikonik yang menarik dan enak.

BACA JUGA:   Belajar dari Pemkab Sumedang, Blora Komitmen Bangun Digital Leadership

“Ketiga pemenang berhak atas hadiah berupa uang dan piagam, masing-masing Juara Pertama Rp 500 ribu, Juara Kedua Rp 300 ribu, dan Juara Ketiga Rp 200 ribu. Sementara kepada peserta yang belum beruntung, masing-masing diberikan piagam dan uang transpor Rp 50 ribu,” imbuh Umar.

Sementara itu menurut penuturan sang pemenang pertama Amik, dirinya tidak menyangka jika olahan Bandeng Glopot, Buntil Daun Pepaya, serta Onde-onde “Marndiyah” bisa memenangkan lomba ini.

Pemilik usaha Onde-onde “Marndiyah” ini menjalankan usaha di rumahnya di Kampung Nglangsen, RT 01/RW 07, Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu.

“Brand Onde-onde Marndiyah sudah mengantongi paten resmi dari Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) lho. Alhamdulillah saya bisa memenangkan lomba memasak ini,. Semoga kegiatan seperti ini bisa sering digelar,” ungkapnya.(IR)

Share this Article