Ad imageAd image

Menhub Budi Karya Sebut Dari 36 PSN, Baru Kelar 12 

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 700 Views
2 Min Read
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Istimewa).

INDORAYA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan ada sekitar 36 proyek strategis nasional (PSN) di sektor perhubungan namun baru ada 12 proyek yang rampung dikerjakan.

“PSN sudah dilakukan dengan cermat, memang ada yang belum maksimal tapi masih ada dua tahun akan diselesaikan dengan baik,” kata Budi Karya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Selasa (6/6/2023).

Adapun daftar proyek yang dicap PSN itu, didasarkan pada Perpres no 109 tahun 2020 dan Permenko Perekonomian no 9 tahun 2022.

BACA JUGA:   Pemerintah Targetkan Sertifikasi 1.000 Bengkel Konversi Motor Listrik di Tahun 2023

Berdasarkan data, Budi meyebutkan 12 proyek PSN yang sudah selesai yaitu kereta api Tebingtinggi-Kualatanjung Sumatera Utara, Pelabuhan Kuala Tanjung Sumatera Utara, LRT Metro Palembang Sumatera Selatan, Bandara Baru Yogyakarta Kulonprogo dan kereta api Bandara Yogyakarta.

Lalu, Pelabuhan Terminal Kijing Kalimantan Barat, Pelabuhan KEK Maloy Kalimantan Timur, Bandara Lombok Praya NTB, Bandara Komodo Labuan Bajo NTT, Pelabuhan Kupang NTT, Terminal Multipurpose Labuan Bajo, dan Pelabuhan Hub Bitung Sulawesi Utara.

Selain itu, Budi juga menyampaikan bahwa akan ada 17 proyek yang akan diselesaikan tahun 2023 hingga 2024. Proyek itu di antaranya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT Jabodebek, Kereta Makassar Pare-Pare, hingga Bandara Dhoho Kediri Jawa Timur.

BACA JUGA:   Pemerintah Imbau Warga Tidak Gunakan Motor untuk Mudik

Sedangkan 7 proyek laincap PSN, kata Budi, baru akan kelar di atas tahun 2024. Mulai dari kereta api Rantau Prapat-Kota Pinang, KA Logistik Lahat-Tarahan dan Prabumulih Kertapati, hingga MRT Jakarta Utara-Selatan dan Barat-Timur Fase 1.

Ada juga infrastruktur logistik di IKN Nusantara Kalimantan Timur, kereta api Jakarta-Surabaya (DKI-Jabar-Jateng-Jatim), hingga Pelabuhan New Ambon

Share this Article
Leave a comment