Ad imageAd image

Menpora Dito Harap Capaian Kontingen Indonesia di Pagames 2023 Sesuai Target

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1 View
2 Min Read
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo saat menghadiri Closing Ceremony Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XVI Korps Pegawai Republik Indonesia Pornas (Korpri) 2023 di GOR Jatidiri Semarang, Jumat (21/7/2023) sore. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengungkapkan harapannya agar capaian kontingen Indonesia di kompetisi Asian Paragames 2023 Hangzhou, China sesuai target.

“Hasilnya harus sesuai target, masuk sepuluh besar dan 20 medali emas,” kata Menpora pada kunjungannya ke Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/8/23) petang.

Dito juga menyampaikan pesan kepada seluruh anggota kontingen untuk mempersiapkan mental. Hal itu, kata dia, mengingat yang dihadapi di Hangzhou, China jauh berbeda di segala sisi dengan di Indonesia.

“Baik suasana pertandingan, suasana kehidupan, dan privilege (hak istimewa) yang diberikan,” ujarnya.

Dito juga mengatakan di ajang olahraga Internasional tersebut terdapat banyak cabang yang tidak dipertandingkan di sana padahal menjadi unggulan atlet dari Indonesia namun tidak dipertandingkan di sana.

“Jadi perlu menyuarakan pemahaman kepada masyarakat agar tidak ada ekspektasi tidak berimbang yang membuat mental atlet terpengaruh,” ungkap dia.

Namun, Dito optimis kontingen Indonesia bisa meraih target 1p besar di perhelatan tersebut. Hal itu karena Indonesia pernah memperoleh hasil baik pada ASEAN Paragames Kamboja.

“Kita hattrick juara umum. Jadi target sepuluh besar itu bukan luar biasa, harusnya tiga besar,” papar Dito.

Di sisi lain, Dito mengungkapkan upaya pihaknya untuk meningkatkan kualitas para pemain. Di antaranya disiapkan pusat pelatihan atlet disabilitas yang sudah dicanangkan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah seluas 10 hektare.

“Kemarin juga sudah dilakukan kunjungan resmi oleh Kemenpora, Kementerian PUPR, dan NPC. Insyaallah September ground breaking oleh Pak Presiden. Kami juga sedang mempersiapkan sport center di Cibubur juga September. Ini bentuk komitmen Pak Jokowi terkait pembinaan olahraga di Indonesia,” jelas Dito.

Share this Article