Ad imageAd image

MenPAN-RB Tekankan Pemindahan ASN ke IKN Bukan Hanya Pindah Tempat Kerja

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 714 Views
2 Min Read
Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Pemerintah tengah mengatur langkah-langkah terakhir untuk memindahkan pegawai negeri (ASN) ke IKN. Menurut Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, persiapan pemerintah mencakup kebijakan yang komprehensif terkait relokasi tersebut.

“Sehingga, sesuai arahan Presiden Jokowi, ini bukan sekadar urusan memindahkan ASN dari satu tempat ke tempat lainnya, bukan soal pindah tempat kerja, tetapi pemerintah mendesain skema yang komprehensif, mulai soal efektivitas kinerja, budaya kerja digital, hingga paradigma kerja birokrasi yang transformatif,” ujar Anas, pada Rabu (17/4/2024).

BACA JUGA:   2.086 Hektare Lahan di IKN Belum Dibebaskan, AHY Sebut Masih Proses Ganti Untung

Pada Konferensi Pers ‘Skema Pemindahan ASN ke IKN’, Anas menyampaikan bahwa peralihan ASN ke IKN akan dilakukan secara bertahap. Beberapa menteri dan staf dijadwalkan pindah pada Juli 2024, termasuk Menteri PUPR.

Menurut Anas, IKN akan digunakan sebagai tempat upacara Hari Kemerdekaan RI pada Agustus 2024 dengan partisipasi sekitar 1.500 personel. Kemudian, pada September 2024, pemindahan ASN akan dilakukan secara lebih besar. Sejumlah unit kerja prioritas dari berbagai K/L akan dipindahkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

BACA JUGA:   Jokowi Bakal ke IKN Tiap Bulan Tinjau Pembangunan

Anas menegaskan bahwa proses pemindahan ASN akan memperhatikan prioritas unit kerja dari beberapa K/L. Pegawai yang akan dipindahkan akan ditentukan oleh K/L masing-masing dengan mempertimbangkan kapasitas hunian yang tersedia dan keahlian pegawai.

Dalam pelaksanaan pemindahan ASN ke IKN, Anas menegaskan prinsip-prinsip utama seperti seluruh ASN K/L di satuan kerja pusat akan dipindahkan, pemindahan dilakukan secara bertahap, dan setiap ASN diharapkan mendapatkan satu unit hunian apartemen atau rumah dinas sesuai ketersediaan.

Share this Article
Leave a comment