Ad imageAd image

Menko PMK Muhadjir Effendy Minta Pemda Siapkan Kebutuhan Pemudik di Jalur Lintas Selatan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 115 Views
2 Min Read
Jalur Nasional Pantai Selatan Jawa memberikan daya tarik tersendiri bagi pemudik yang melewatinya (dok. Kementerian Perhubungan)

INDORAYA – Bagi pemudik yang akan menuju ke kota atau kabupaten di selatan Jawa Tengah, dihimbau untuk menggunakan Jalur Lintas Selatan (JLS). Menurut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, JLS saat ini sudah sangat layak dilalui untuk pemudik.

“Para pemudik terutama yang berada di wilayah selatan Jawa Tengah hendaknya memanfaatkan Jalur Lintas Selatan yang sudah dibangun dengan baik oleh pemerintah,” kata Muhadjir saat meninjau gerbang Tol Kalikangkung, Sabtu (23/4/2022).

Muhadjir, juga menyebut bila dirinya sudah melihat simulasi penanganan mudik di Jalur Lintas Selatan. Dia, juga meminta pemerintah daerah terutama yang dilewati JLS untuk menyiapkan kebutuhan pemudik.

BACA JUGA:   Pimpin Bawaslu Jateng, Muhammad Amin Siap Lakukan Gebrakan Ini

“Dan yang saya minta juga dari pihak pemerintah daerah yang ada di jalur selatan menyiapkan berbagai kebutuhan dari para pemudik,” ujarnya.

Kebutuhan yang dimaksud berkaitan dengan tata kelola jalan, tempat istirahat, hingga tempat rekreasi sementara.

“Pemudik ini bukan hanya ingin lancar saja tetapi juga ingin rekreasi, ingin mendapatkan kesan selama perjalanan baik itu yang berupa ketersediaan kuliner, tempat istirahat yang memadai atau juga tempat-tempat rekreasi sementara,” jelasnya.

Selain itu, Muhadjir juga mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, mudik menggunakan sepeda motor dinilai lebih berbahaya.

BACA JUGA:   Sejarah Nama Jalan Nitisemito Yang Ada di Kabupaten Kudus

“Dan saya ingatkan sekali lagi berdasarkan data yang ada kecelakaan lalu lintas di dalam negeri sebagian besar dari kendaraan sepeda motor,” jelasnya.(FZ)

Share this Article