Ad imageAd image

Menjelang Ramadan 2023, Disperdag Semarang Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 847 Views
1 Min Read
Caption : Situasi mulai ramai terlihat para pedagang Pasar Peterongan sedang menjajakan jualannya pada Kamis (2/3/2023) pagi. (Foto: Dickri Tifani Badi)

INDORAYA– Dinas Perdagangan (Disperdag) Kota Semarang melakukan dropping dan memastikan beberapa komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Semarang aman hingga Ramadhan 2023 mendatang.

“Stok aman, karena selama ini belum ada laporan dari pasar tradisional terkait salah satu komoditas yang langka. Untuk MinyaKita sudah dilakukan dropping, dan beras juga sudah di yang dropping oleh Bulog,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nurkholis saat dihubungi Indoraya.news, Jumat (3/3/2023).

Artinya selama ini, kata Nurkholis, komoditas yang terbilang aman yakni beras dan minyak lantaran sudah di dropping. Namun demikian, ia menyebut bahwa harga bawang merah dan putih mulai merangkak naik menjelang Ramadhan.

BACA JUGA:   Pemkab Wonosobo Gelar Pelatihan untuk Pemandu Wisata Budaya

Menurutnya, kenaikan ini disebabkan oleh faktor cuaca yang sangat sulit diprediksi pada musim hujan seperti sekarang ini.

“Terutama bawang merah itu sangat dipengaruhi oleh cuaca dan sangat berpengaruh oleh produksi. Karena, komoditas ini tidak memungkinkan disimpan dalam waktu yang lama. Sehingga, pemerintah untuk mengintervensi juga cukup sulit,” ungkap Nurkholis.

Dengan itu, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat Kota Semarang agar tidak melakukan panic buying karena stok terbilang aman.

“Dua komoditas (minyak dan beras) sudah dilakukan dropping, maka masyarakat jangan panic buying,” ucapnya.

BACA JUGA:   Realisasi PAD Provinsi Jateng Per September 2023 Tembus Rp 11 Triliun
Share this Article
Leave a comment