Ad imageAd image

Menhub: Pemudik Lebaran 2024 Capai 193 Juta Orang

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 813 Views
2 Min Read
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat selama libur Lebaran tahun 2024.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Karya menyatakan bahwa jumlah pergerakan masyarakat secara nasional saat Lebaran tahun ini mencapai 193 juta orang.

“Berdasarkan hasil survei BKT, terdapat tren peningkatan potensi pergerakan nasional selama Lebaran 2024, sekitar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 193 juta orang,” ujarnya dalam konferensi pers pada hari Minggu (17/3/2024).

BACA JUGA:   Kemenhub Buka Program Mudik Motor Gratis Via KA, Siapkan 12.180 Kuota

Di area Jabodetabek, diperkirakan sekitar 28,4 juta orang akan melakukan perjalanan saat musim mudik.

“Dari jumlah tersebut, sekitar 14,6% atau 28,4 juta penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan saat mudik Lebaran tahun 2024,” tambahnya.

Budi Karya menyebutkan bahwa jumlah orang yang melakukan perjalanan tahun ini diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun lalu. Jumlah pergerakan saat libur Lebaran 2023 tercatat sebesar 123 juta orang.

“Hal ini menunjukkan adanya minat yang meningkat dari masyarakat untuk melakukan perjalanan saat mudik Lebaran 2024, dengan peningkatan sebesar 45,8% dibandingkan tahun 2023, atau sekitar 123 juta orang,” jelasnya.

BACA JUGA:   Cek Tol Kalikangkung, Menhub Sampaikan soal Liburan Lebaran hingga Balon Udara

Budi Karya juga menyatakan bahwa telah dilakukan persiapan untuk memastikan kelancaran mudik tahun ini. Salah satu langkah yang diambil adalah penerbitan surat keputusan bersama (SKB) mengenai pengaturan lalu lintas.

“Salah satu langkah konkret yang telah diambil adalah penerbitan SKB oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang mengatur lalu lintas dan penyeberangan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. SKB tersebut juga mencakup regulasi pembatasan operasional angkutan barang saat libur Lebaran 2024,” tambahnya.

BACA JUGA:   Tol Solo-Ngawi Disebut Jadi Titik Lelah, Pemudik Diberi Waktu Istirahat 30 Menit
Share this Article
Leave a comment