Ad imageAd image

Mengenang Sosok Buya Syafii dan Deretan Penghargaan Yang Pernah Diterima

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 120 Views
5 Min Read
Buya Syafii Maarif (dok. Muhammadiyah.or.id)

INDORAYA – Kepulangan Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Safii meninggalkan banyak kenangan dan duka. Buya mewariskan banyak pemikiran melalui berbagai media yang menjadi gudang intelektual.

Selama masa hidupnya, Buya Syafii mendapatkan banyak penghargaan. Namun tak satupun penghargaan itu membuat Buya sombong. Hingga hembusan napas terkahirnya, Buya tetaplah Buya yang sederhana.

Berikut deretan penghargaan dan kiprahnya selama hidup:

1. Penghargaan Hamengku Buwono IX, 2004

Penghargaan dari UGM ini diserahkan Rektor Sofian Efendi saat peringatan Dies Natalis UGM ke-55.

“Pak Syafi’i mendapat anugerah itu karena konsisten memberikan pemikiran yang moderat dan mengajak semua komponen bangsa untuk selalu hidup harmonis dan toleran terhadap semua agama,” kata Rektor UGM Prof Dr Sofian Effendi, Jumat (17/12/2004).

2. Magsaysya Award 2008

Buya Syafii menerima penghargaan dari pemerintah Filipina ini dalam kategori Peace and International Understanding.

“Ahmad Syafii Maarif menerima award ini karena komitmen dan kesungguhannya membimbing umat Islam untuk menyakini dan menerima toleransi dan pluralisme sebagai basis untuk keadilan dan harmoni di Indonesia bahkan di dunia,” kata Presiden RMAF (Ramon Magsasay Award Foundation) Carmencita T Abella dalam suratnya, Rabu (31/7/2008).

BACA JUGA:   Kementerian Keuangan Buka Lowongan Kerja, Lulusan SMK Bisa Daftar

3. Mpu Peradah 2009

Penghargaan dari Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia ini diserahkan kepada Buya Syafii di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (14/6/2009).

“Peradah Indonesia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tokoh bangsa yang negarawan dan berkomitmen tinggi dalam menjaga pluralisme demi tegak dan tercapainya tujuan dibentuknya NKRI,” kata Ketua Umum Peradah Nyoman Gde Agus Asrama, Minggu (14/6/2009).

4. Bacharuddin Jusuf Habibie Award 2010

Buya Syafii dan Franz Magnis Suseno menerima Habibie Award 2010 dalam Bidang Harmonisasi Kehidupan Beragama pada Selasa (30/11/2010).

Habibie Award diberikan untuk perorangan yang aktif dan sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan berbagai kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru (innovative) serta bermanfaat secara berarti (significant) bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian.

5. IBF Award 2011

Buya Syafii menerima penghargaan dari Islamic Book Fair (IBF) 2011 dalam kategori Tokoh Perbukuan Islam. Bukunya yang berjudul Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan juga meraih penghargaan IBF 2011 dalam kategori Non-Fiksi Dewasa.

“Latar belakang pemberian penghargaan ini adalah untuk mengakselerasikan kembali kebangkitan intelektual dalam dunia Islam,” kata Ketua Dewan Juri IBF Award, Prof Dr Azyumardi Azra, dikutip dari antaranews.com.

BACA JUGA:   Ganjar Minta Produsen Rokok Bisa Serap Tembakau Petani di Temanggung

6. MIPI Award 2011

Buya Syafii menerima penghargaan dari Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Award 2011 untuk kategori Tokoh Pemerhati Pemerintahan.

Penghargaan itu atas kinerja Buya yang tidak henti-hentinya memberikan masukan yang kritik-konsruktif, dikutip dari buku 100 Tokoh Muhammadiyah Yang Menginspirasi (Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2014: 47).

7. Lifetime Achievement Soegeng Sarjadi Award on Good Governance 2011

Buya Syafii menerima penghargaan ini dalam kategori Intelectual Integrity.

Soegeng Sarjadi Syndicate (2011) memandang Buya sebagai tokoh yang terus menerus memperjuangkan hak-hak publik melalui kritikan dan ajakan untuk menegakkan keadilan di Indonesia (Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2014: 47).

8. NABIL Award 2013

Penghargaan dari yayasan nirlaba National Building (NABIL) 2013 ini diberikan kepada Buya Syafii dan Prof Gondomono sebagai tokoh yang giat dalam penelitian tentang pluralisme dan hubungan etnis di Indonesia, dikutip dari ikhtisar buku Nabil Award, 2013 : Merajut Kebinekaan, Membingkai Keindonesiaan.

9. UMM Award 2014

Penghargaan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini diserahkan kepada tujuh tokoh Muhammadiyah, salah satunya Buya Syafii, pada 8 Desember 2014. Mereka disebut sebagai suri teladan bagi generasi masa depan dalam berbagai aspek kehidupan, dikutip dari umm.ac.id.

BACA JUGA:   Ganjar Dapat Dukungan Dari Komunitas Batik Jogja Untuk Menjadi Capres 2024

10. Bintang Mahaputera Utama 2015

Bintang tanda kehormatan ini diserahkan Presiden Jokowi kepada 46 tokoh, salah satunya Buya Syafii, di Istana Negara, Kamis (13/8 2015).

Bintang dari presiden itu diberikan sebagai penghargaan untuk mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan NKRI, dikutip dari setneg.go.id.

11. Tahir Foundation Award 2017

Penghargaan dari Tahir Foundation untuk kategori Life Achievement Award atau Tokoh Seumur Hidup itu diserahkan kepada Buya Syafii di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

“Dia sederhana, berani menentang perbuatan-perbuatan menindas dan tokoh moderat. Beliau sudah diakui umum. Dia tokoh nasional, negarawan, dan berada di atas semua golongan. Tokoh seperti ini patut mendapatkan perhatian dan apresiasi,” kata Ketua Yayasan Tahir Foundation, Jusuf Wanandi, dikutip dari investor.id.

12. Man of Peace 2019

Buya Syafii dipilih sebagai tokoh perdamaian kemanusian dunia atau Internasional Man of Peace 2019 oleh International Film Festivals for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE).

IFFPIE adalah penyelenggara festival film internasional yang khusus mengangkat tema-tema perdamaian, inspirasi, dan persamaan hak, dikutip dari antaranews.com.

Share this Article