Ad imageAd image

Mendag Sebut Harga Beras Turun, Mulai Rp 100 Per Kg

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 786 Views
1 Min Read
Mendag, Zulkifli Hasan. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan harga beras di sejumlah lokasi di Indonesia mulai turun. Harganya pun dibbanderol dengan besaran bervariasi mulai Rp 100 hingga Rp 500 per kilogram (kg).

“Sudah mulai turun di beberapa tempat, ada yang 500 rupiah turunnya, ada yang 100 rupiah, ada yang baru 200 rupiah turunnya,” kata Zulkifli kepada awak media di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (17/9/2023).

Zulhas, sapaan akrabnya,mengatakan pihaknya masih terus mengerahkan berbagai upaya untuk menekan harga beras di pasaran. Dia mneyebut salah satu program yang digencarkan yakni, penyaluran bantuan beras kepada masyarakat sebanyak 10 kg beras per keluarga.

Program itu, kata dia, telah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Zulhas mengatakan, bantuan 10 kg beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan terus dilakukan dengan alokasi mencapai 210.000 ton beras per bulan.

“Pemerintah menggelontorkan 10 kilo per KK sebanyak 21 juta keluarga lebih dibagi mulai September, Oktober, November,” papar dia.

Terkait ketersediaan beras, Zulhas memastikan stok cadangan beras pemerintah (CBP) mencapai 1,6 juta ton sehingga masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional.

“Lagi perjalanan 400 ton jadi cukup, lebih dari cukup,” jelasnya.

Share this Article