Ad imageAd image

Masuk Bursa Calon Gubernur Jateng, Wihaji Golkar: Keputusan Tetap Ketua Umum

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 36 Views
3 Min Read
Ketua Harian DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Wihaji. (Foto: istimewa)

INDORAYA – DPD Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) bakal menjagokan tiga kadernya untuk meramaikan bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. Salah satu nama yang berpotensi diusung adalah Wihaji, Ketua DPD Harian Golkar Jateng.

Saat dikonfirmasi, Wihaji, membenarkan bahwa namanya masuk dalam jajaran rekomendasi untuk maju sebagai calon gubernur Jateng dalam Pilkada 2024. Dia mengaku DPP memang memberikan tugas beberapa kader untuk mulai penjajakan di Pilgub.

Mantan Bupati Batang itu mengatakan, penugasan yang diberikan ialah koorinaasi, konsolidasi, dan menyiapkan kebutuhan saat Pilgub. Namun dalam dinamikanya nanti DPP akan menunjuk satu orang yang akan diusung untuk maju mewakili Partai Golkar.

BACA JUGA:   Ridwan Kamil Ditugaskan Golkar Menangkan Prabowo-Gibran di Jabar

“Ada beberapa kader-kader terbaik yang ditugaskan oleh DPP untuk koordinasi, konsolidasi, maupun bekerja untuk di Jateng. Tapi nanti akak dievaluasi lagi untuk secepatnya ditunjuk,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (30/3/2024).

Wihaji menjelaskan bahwa keputusan akhir terkait siapa yang akan berkontestasi di Pilkada 2024 ialah kewenangan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartanto. Hal juga berdasarkan pengamatan dan evaluasi dari Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu)

“Ya salah satunya yang ditugasi kalau enggak salah saya sih. Dan kita selaku kader yang penting saya kerjakan pekerjaan itu. Tapi keputusan akhir tetap ada di Ketua Umum (Airlangga Hartanto) atau di DPP,” ucap dia.

BACA JUGA:   Isu Ridwan Kamil Masuk Cawapres Ganjar, Bamsoet: Dukungan Kita ke Prabowo

Meski begitu, saat disinggung apakah siap maju sebagai Cagub Jateng 2024 apabila mendapat rekomendasi DPP, Wihaji enggan menjawabnya sekarang. Namun menurutnya, sebagai kader, dia akan mengikuti apa yang diputuskan oleh Ketua Umum.

“Siap dan tidak siap tentu selaku kader kalau tugas ya kita kerjakan, gitu saja. Tapi kepastiannya nanti DPP serta Bappilu yang mengevaluasi baik atau tidak? Layak atau tidak? Kompetitif atau enggak? Bisa bersaing atau enggak? saya kira beliau-beliau,” tandas Wihaji.

Sebelumnya Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Jateng dan DIY, Iqbal Wibisono mengungkapkan, ada tiga nama yang kemungkinan akan diusung sebagai calon gubernur Jateng. Di antaranya ialah Panggah Susanto, Wihaji, dan Juliyatmono.

BACA JUGA:   Nusron Wahid Nilai Prabowo-Airlangga Paslon yang Pas

Panggah ialah Ketua DPD Golkar Jateng sekaligus Anggota DPR RI. Wihaji merupakan Ketua Harian DPD Golkar Jateng dan mantan Bupati Batang dua periode. Juliyatmono adalah sekretaris DPD Golkar dan mantan Bupati Karanganyar dua periode.

“Untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang kita dorong yaitu Pak Wihaji, Pak Juliyatmono, Pak Panggah. Kemudian para bupati dari Golkar juga kita berikan kesempatan,” ujar Iqbal saat dihubungi, Jumat (29/3/2024)

Share this Article
Leave a comment