Ad imageAd image

Ma’ruf Amin Tegaskan Pj Kepala Daerah Tak Netral Bakal Dicopot

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 873 Views
2 Min Read
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin (Foto: Istimewa).

INDORAYA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan para Penjabat (Pj) kepala daerah harus bersikap netral saat Pemilu 2024. Dia menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bagi Pj yang tidak netral bakal dicopot.

“Tentu saya sebagai Wakil Presiden, saya menyebutkan berkali-kali supaya Pemilu di diselenggarakan dengan cara yang jujur ya, ASN harus netral ya petugas keamanan juga harus netral. Dan kemarin presiden juga sudah bicara di depan Pj-Pj itu dan mengatakan bahwa harus netral dan yang tidak netral akan dicopot,” kata Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan kerja ke Jambi, Selasa (31/10/2023).

BACA JUGA:   Muhammadiyah Ingin Sengketa Pemilu 2024 Selesai di MK

Dia mengatakan seruan agar ASN selalu bersikap netral sudah disuarakan ke mana-mana. Termasuk, katanya, dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan tiga bakal capres kemarin.

“Jadi netralitas ini sudah kita suarakan disuarakan di mana-mana ya. Jadi kemudian juga dalam pertemuan dengan calon Presiden juga dibicarakan soal netralitas. Nah, kita dorong terus ya. Jadi kalau ada yang tidak netral presiden sendiri yang mengatakan Pj itu akan dicopot,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mewanti-wanti para Pj kepala daerah untuk bekerja dengan baik. Jokowi mengingatkan Pj kepala daerah yang bekerja tidak sesuai arahan bakal langsung diganti.

BACA JUGA:   Pemilu 2024 Bertepatan Musim Hujan, Daerah di Jateng Ini Rawan Banjir dan Longsor

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pengarahan terhadap Pj kepala daerah seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10). Jokowi mulanya bertanya mengenai evaluasi Pj kepala daerah kepada Mendagri Tito Karnavian.

Jokowi mengatakan Mendagri mengevaluasi para Pj kepala daerah tiga bulan sekali. Namun, Jokowi mengatakan dirinya melakukan evaluasi setiap hari.

“Begitu Bapak Ibu semuanya miring-miring saya ganti setiap hari bisa. Itu hak prerogatif yang saya miliki. Itu tadi yang saya sampaikan tolong. Saya nggak minta banyak-banyak. Tolong diikuti,” ujar dia.

BACA JUGA:   Penuhi Kebutuhan Pemilu 2024, PPGI Cetak 1,2 Miliar Surat Suara
Share this Article