Ad imageAd image

Manfaatkan Momen Libur Sekolah, Jateng Optimis Mampu Gaet 4 Juta Wisatawan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 3 Views
2 Min Read
Wisatawan sedang berkunjung di objek wisata Gunung Gajah Telomoyo, Kabupaten Semarang. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) bakal memanfaatkan momen libur sekolah untuk meningkatkan kunjungan wisata. Disporapar Jateng optimis mampu menggaet 4 juta wisatawan nusantara.

Kepala Disporapar Jateng, Syurya Deta Syafrie mengatakan, sejak tahun 2021 hingga 2023, kunjungan di objek wisata Jateng meningkat cukup signifikan. Pada momen libur sekolah ini, dia menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan.

“Tahun 2021 hingga 2023, pada liburan anak sekolah, angka pariwisatanya kan di sekitar 3 juta. Kemudian di tahun 2024 ini kami perkirakan di angka 4 juta. Jadi kami optimis liburan anak sekolah bisa ngangkat pariwisata Jawa Tengah,” katanya saat ditemui di Kantornya, Senin (1/7/2024).

Deta menyebutkan ada sejumlah hal yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke Jateng. Mulai dari paket wisata yang murah hingga akses mobilitas seperti kereta api, jalan tol, dan bandara yang tersedia.

“Kemudian kalau kita lihat lagi masyarakat Jawa Tengah kan masyarakatnya ramah, jadi mau ndak mau menjadi daya tarik yang sedemikian luar biasa,” ungkap dia.

Adapun sejumlah daerah yang memiliki destinasi wisatawan favorit meliputi Kabupaten Magelang, Wonosobo, Banyumas, dan Kota Semarang. Keempat daerah ini sering mengadakan event dan banyak menjual paket wisata.

“Jadi dengan dijualnya paket-paket dengan adanya acara seperti atraksi-atraksi kan membuat wisatawan ini mau semakin sering kunjungan ke Jawa Tengah,” ucap Deta.

Untuk menarik 4 juta kunjungan wisatawan, Disporapar Jateng mengimbau pengelola wisata untuk menyiapkan destinasi wisata. Terutama terkait keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pengunjung.

“Kami juga harapannya peringatan kepada mereka semua untuk memegang teguh keamanan, kenyamanan, dan keselamatan, juga masalah kesehatan dan lingkungan yang baik,” bebernya.

Deta mengungkapkan, di Jateng banyak destinasi wisata yang ramah anak dan mengandung nilai edukasi. Contohnya Candi Borobudur Magelang, wisata alam Baturaden Banyumas, dan Lawang Sewu Kota Semarang.

“Silahkan saya mengajak semua, yang masih masa liburan ini Jawa Tengah sangat siap menyambut temen-temen wisatawan, keluarga orang tua, anak-anak, kalau mau wisata ya saran kami di Jateng aja,” tandas Deta.

Share This Article