Ad imageAd image

Luncurkan Pembagian Bansos 3 Bulan, Pemerintah Siapkan Rp 8 Triliun

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 723 Views
1 Min Read
Ilustrasi bantuan sosial pemerintah. (Foto: Istimewa)

Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata, menyampaikan soal dua program bansos yang akan dibagikan. Total anggaran bansos memakan anggaran hingga Rp 8,3 triliun.

Adapun program yang pertama, berupa beras yang akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bansos Beras akan dibagikan sebanyak 10 kilogram kepada keluarga penerima manfaat setiap bulan, selama tiga bulan. Total anggaran jenis ini mencapai Rp 7,9 triliun.

“Kita menggunakan basisnya DTKS, itu diperkirakan akan diberikan pada 21,3 juta keluarga. Untuk saat ini, perkiraan kami ini akan ditagihkan kepada APBN Rp 7,8 triliun. Nanti setelah dibagikan oleh Bulog, setelah mereka membagikan, mereka akan menagihkan kepada APBN, perkiraaan kami sekitar Rp 7,8-7,9 triliun, termasuk ongkos membagikannya,” kata Isa dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

Program kedua, ada program bansos berupa daging ayam dan telur, akan dibagikan kepada keluarga yang memiliki balita atau anak berpotensi stunting. Pihaknya akan mengambil data dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Perkiraan sementara sekitar 2,1 juta keluarga yang akan menerima bantuan ini. Perkiraan sementara akan ditagihkan pada APBN untuk ayam telur, termasuk distribusinya sekitar Rp 460 miliar untuk tiga bulan pembagian, Maret, April, Mei,” jelas Isa.

Share this Article
Leave a comment