Ad imageAd image

LSI: Prabowo Menang Telak Atas Anies dan Ganjar

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 668 Views
2 Min Read
Paslon capres cawapres 2024. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan hasil survei Pilpres 2024 jika berlangsung dua putaran, bahwa Prabowo-Gibran menang suara melawan Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud Md.

“Kalau dua putaran yang berhadapan Anies sama Ganjar, maka Ganjar cenderung lebih unggul. Kalau yang berhadapan Anies-Prabowo, maka Prabowo menang cukup telak 60%. Kalau yang berhadapan Ganjar dengan Prabowo, maka Prabwo menang cukup telak di angka 57%,” ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi, Sabtu (20/1/2024).

Djayadi menyampaikan, jika Anies berhadapan dengan Ganjar di putaran kedua, maka yang akan menang Ganjar. Hal itu, kata dia, karena pemilih Prabowo cenderung terbelah dan lebih banyak berpindah ke Ganjar.

BACA JUGA:   Gerindra Sebut PSI Bakal Gabung Koalisi Indonesia Maju Besok

“Kalau yang berhadapan adalah Anies lawan Ganjar, maka pemilih Prabowo cenderung terbelah. 20% belum menentukan pilihan, 47% ke Ganjar, 32% ke Anies. Jadi pemilih Prabowo-Gibran cenderng lebih banyak ke Ganjar dibandingkan Anies, pada Desember,” jelas dia.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika yang masuk putaran kedua adalah Ganjar dan Prabowo, pemilih Anies lebih banyak pindah ke Prabowo. Namun sebaliknya, pemilh Ganjar akan terbelah lebih banyak berpindah ke Anies jika Ganjar tak masuk putaran kedua.

“Selanjutnya kalau yang berhadapan Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto di putaran kedua, ke mana pemilih Anies? Pemilih Anies terbelah ada 39 ke Prabowo, 36 ke Ganjar,” katanya.

BACA JUGA:   Bakal Totalitas Menangkan Prabowo-Gibran, Relawan Ridwan Kamil Gabung Gaspoll Bro

“Kalau kita bandingkan, coba bandingkan pemilih Ganjar yang memilih Anies putaran ke-2 itu cuma 16, sedangkan pemilih Anies yang mendukung Ganjar kalau Ganjar masuk putaran kedua itu hampir 37%. Artinya di kalangan pemilih Ganjar, resistensi terhadap pasangan AMIN lebih tinggi dibandingkan resistensi terhadap pasangan Ganjar-Mahfud di kubu AMIN,” sambung dia.

Berikut hasil rilisan LSI:
1. Anies-Muhaimin Vs Ganjar-Mahfud
-Anies-Muhaimin 38%
-Ganjar-Mahfud 46%
-Tidak tahu/tidak jawab 16%

2. Ganjar-Mahfud Vs Prabowo-Gibran
-Ganjar-Mahfud 30,4%
-Prabowo-Gibran 57,2%
-Tidak tahu/tidak jawab 12,4%

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran Bakal Kampanye Akbar di Simpang Lima Semarang, Diikuti 125 Ribu Massa

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 10-11 Januari 2024 terhadap 1.206 warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas yang sudah menikah.

Responden dipilih secara acak melalui metode double sampling. Sebanyak 210.001 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh Indonesia pernah diwawancarai secara tatap muka langsung.

Share this Article
Leave a comment