Ad imageAd image

Logistik Pemilu Sudah Tiba di Pulau Karimunjawa, Diangkut Kapal Nyeberang Lautan Lepas

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 804 Views
3 Min Read
Proses distribusi logistik Pemilu 2024 di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara. (Foto: Dok. Camat Karimunjawa)

INDORAYA – Distribusi logistik Pemilu 2024 untuk Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, saat ini sudah sampai hingga tingkat desa. Pada Minggu (12/2/2024), logistik diangkut menggunakan kapal ferry Siginjai menyeberang lautan lepas.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Karimunjawa, Anwar Sadat mengatakan, distribusi logistik Pemilu mulai dari bilik suara, surat suara, maupun perlengkapan lainnya sudah diterima empat desa. Meliputi Desa Karmunjawa, Kemojan, Nyamuk, dan Parang.

“Saat ini sudah terdistribusi ke semua desa, Karimunjawa, Kemojan. Kemarin juga sudah nyeberang ke Pulau Parang sama Pulau Nyamuk,” katanya saat dihubungi Indoraya.news, Senin (12/2/2024).

Dari Gudang KPU Kabupaten Jepara, logistik Pemilu dikirim ke Pulau Karimunjawa menyeberangi lautan lepas menggunakan Kapal Ferry Siginjai. Proses penyeberangan lintas pulau membutuhkan waktu sekitar dua jam.

BACA JUGA:   Baznas Jateng Target Renovasi 1.000 RTLH, Bantu Percepat Pengentasan Kemiskinan

“Dari KPU mengirimkan lewat pos-pos yang tertutup itu kemudian dikirimkan lewat kapal Siginjai dengan pengawalan ketat dari temen-temen keamanan, terus kemudian di drop di gudang logistik kecamatan,” tuturnya.

Meskipun ada gangguan angin kencang, namun perjalanan di lautan berlangsung lancar. Setelah tiba di kecamatan, logistik Pemilu lalu didistribusikan ke empat desa di kecamatan tersebut.

“Langsung semua (satu kali) sekalian, kalau bolak-balik nggak efektif, lagian kemarin juga kenceng banget anginnya. Waktu menyeberang pulau itu dua jam, dari Karimun ke Pulau Parang, Pulau Nyamuk, setelah itu pulang,” ungkap Anwar.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng, Waspada Hujat Lebat Angin Kencang Hingga 19 Januari

Nantinya logistik itu akan didistribusikan ke 32 Tempat Pemungutan Suara maksimal satu hari sebelum pemungutan. Lebih lanjut dia mengajak seluruh warga Karimunjawa yang memiliki hak pilih untuk menyalurkannya di TPS pada 14 Februari 2024 besok.

“Harapannya seluruh warga Karimunjawa menggunakan hak pilih karena ini adalah pesta demokrasi 5 tahunann, sehingga warga diharapkan merepresentasikan memilih calon wakilnya, baik di DPR, DPR, dan presiden-wakil presiden,” tandas Anwar Sadat.

Sementara itu, KPU Jawa Tengah memastikan bahwa distribusi logistik Pemilu di wilayah terjauh dilakukan lebih awal. Wilayah yang menjadi prioritas yaitu Pulau Karimunjawa di Jepara serta Pulau Nusakambangan dan Kampung Laut di Cilacap.

BACA JUGA:   90 Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Jateng, UU TPKS Dinilai Belum Terimplementasi

“Wilayah terpencil sudah selesai di hari Minggu, di Karimunjawa terus di Kampung Laut Cilacap ada 50 TPS, terus kemudian di TPS lokasi khusus Pulau Nusakambangan juga sudah sampai kemarin,” ungkap Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono.

Dia menargetkan distribusi logistik di seluruh wilayah di Jateng harus sudah sampai di tingkat kelurahan/desa hari ini. Namun ada pengecualian khusus di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, yang saat ini masih terdampak banjir.

“Progres distribusi logistik sedang proses sampai ke kelurahan/desa, kecuali untuk Demak (logistik masih tersimpan di gudang KPU Kabupaten),” pungkas Handi.

Share this Article
Leave a comment