Ad imageAd image

Kuota Haji Jateng Capai 30.377, Kemenag Minta Jemaah Bersiap Mulai Sekarang

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1.1k Views
3 Min Read
Plt Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng, Fitriyanto. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Jawa Tengah (Jateng) mendapatkan jatah kuota ibadah haji sebanyak 30.377 jemaah pada tahun 2023. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jateng meminta jemaah yang akan berangkat pada bulan Juni mendatang untuk menyiapkan diri dari sekarang.

Plt Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng, Fitriyanto mengungkapkan bahwa para jemaah haji perlu bersiap mulai dari sekarang. Terutama mengenai tata cara pelaksanaan ibadah atau latihan manasik secara pribadi.

“Paling tidak mulai sekarang latihan manasik, belajar manasik. Biar tahu mana rukun, mana wajib, mana sunnah, mana yang dilarang, itu dengan belajar manasik Sehingga nanti ibadahnya bisa sempurna,” ujarnya kepada Indoraya melalui panggilan WhatsApp, Kamis (02/03/2023).

BACA JUGA:   Demo 9 Tahun Jokowi di DPRD Jateng Memanas, Ratusan Mahasiswa Memaksa Masuk Gedung

Ia menambahkan, kesehatan para jemaah juga diperlukan pada saat pelaksanaan haji. Oleh karena itu, Fitriyanto mengimbau jemaah untuk rajin berolahraga, makan secara teratur, dan menjaga kebersihan.

“Bisa latihan olahraga, pola makan yang baik, yang tertib, pola hidup bersih dan sehat. Sehingga nanti pas kegiatan di Arab Saudi fisiknya sudah siap. Bekal ilmu manasik juga sudah siap, sehingga dia bisa menjalankan ibadah dengan sempurna,” katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan ibadah haji, kesehatan fisik para jemaah menjadi hal penting, utamanya bagi para lansia. Karena dengan fisik yang sehat nantinya dapat menunjang setiap kegiatan yang dilakukan di Tanah Suci Mekkah.

BACA JUGA:   163 Kasus Pelanggaran Pemilu di Jateng, Ada Penyelenggara dan ASN Dipecat Karena Tidak Netral

“Haji memang kegiatan fisik semua untuk ibadahnya, jadi harus sehat dan terlatih. Walapun orangnya sudah tua tapi kalau tetep sehat nanti bisa ibadah dengan sempurna sesuai kemampuan masing-masing jemaah,” ungkap Fitriyanto.

Ia menyebutkan, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 189 tahun 2023 yang ditandatangani langsung Menteri Agama Yaqut Cholil, kuota ibadah haji untuk Provinsi Jawa Tengah sebanyak 30.377 jemaah untuk tahun 2023.

Menurut Fitriyanto, setelah kuota masing-masing provinsi ditetapkan, ada sejumlah tahapan lainnya yang akan dilalui. Selanjutnya yaitu pengumuman daftar nama jemaah dari masing-masing daerah untuk keberangkatan tahun ini.

BACA JUGA:   14,2 Juta Orang Diprediksi Masuk Jateng Libur Nataru 2024, Kemacetan Diantisipasi

“Kita nunggu daftar nama-nama yang berhak berangkat tahun ini (dari pemerintah pusat:red). Nanti kita sampaikan ke kabupaten/kota,” ungkap Fitriyanto.

Setelah nama jemaah diumumkan, nantinya akan diputuskan biaya haji yang harus dilunasi masing-masing jemaah. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan manasik haji yang ditargetkan pada Maret. Lalu berlanjut pada pembentukan kloter dan keberangkatan.

“Harapannya semoga tahun ini bisa berjalan lancar, jemaah bisa ibadah dengan sempurna. Berangkat sehat, di sana sehat, dan pulang sehat dan jemaah bisa jadi haji yang mabrur,” pungkas Fitriyanto.

Share this Article
Leave a comment