Ad imageAd image

Kunjungan Kerja ke Semarang, Wapres Mak’ruf Amin Tinjau RSUD KRMT Wongsonegoro

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 900 Views
5 Min Read
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin melaksanakan kunjungan kerja di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (26/1/2024). (Foto: Pemkot Semarang)

INDORAYA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin melaksanakan kunjungan kerja di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (26/1/2024). Dalam kunjungannya, Ma’ruf didampingi istrinya, Wury Ma’ruf Amin.

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU, Wapres beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Lanud TNI AD Ahmad Yani, Semarang, pukul 14.15 WIB

Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di Lanud TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang pukul 15.15 WIB. Setibanya di Kota Lumpia, Wapres disambut oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana beserta Shinta Nana Sudjana dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Selain itu juga terlihat ada Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Danlanumad Ahmad Yani Kol. Cpn Ihwan Okti Riyadi, dan Danlanal Semarang Kol. Laut (E). Joko Andriyanto, masing-masing beserta pendamping.

Dari situ, Ma’ruf Amin beserta rombongan langsung meninjau ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro Kota Semarang, Jumat sore.

Di lokasi ini, Wapres mengapresiasi pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro Kota Semarang yang dinilai sangat representatif dengan berbagai layanan terbaiknya.

BACA JUGA:   Bandara Ahmad Yani Semarang Terapkan Aturan Perjalanan Baru

Dia menyebut pelayanan di Rumah Sakit milik daerah ini juga menggunakan sistem digital dalam pelayanan. Bahkan, menggunakan robot untuk membantu pelayanan.

“Ini Rumah Sakit yang sangat representatif, saya mengapresiasi Rumah Sakit ini. Terlebih karena layanan sudah secara digital, dan bahkan menggunakan robot untuk memandu ke arah mana pengunjung tuju,” ujar Ma’ruf dalam jumpa pers usai kunjungan.

Orang nomor dua di Indonesia ini memuji pelayanan di RSWN, karena menyediakan beragam pelayanan, tidak hanya layanan modern namun juga tradisional.

“Ada perpaduan pelayanan modern dan tradisional. Seperti pelayanan akupuntur, pijat anak bayi, bahkan ada jamu,” katanya.

Di rumah sakit ini, lanjut Ma’ruf Amin, juga terdapat pelayanan kuratif, pengobatan ada rehabilitatif.

“Selain pelayanan kuratif, ada habitatif, sifatnya preventif dan promotif dilakukan bekerja sama dengan puskesmas. Ruangan cukup bersih, tidak kumuh. Kami harap ada peningkatan lagi,” jelasnya.

Secara keseluruhan, Ma’ruf Amin menilai pelayanan di RSUD KRMT Wongsonegoro cukup representatif. Apalagi, akan dibangun gedung 12 lantai yang tentunya akan menambah pelayanan lebih baik dengan dilengkapi MRI 3 tesla dan pelayanan cuci darah.

BACA JUGA:   PSS Ditahan Imbang PSIS 2-2, Fortes Diganjar Kartu Merah Usai Cetak Gol

“Saya harap dengan nanti dibangun 12 lantai pelayanan lebih optimal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Maruf juga mengapresiasi pelayanan yang sangat ramah anak. Pendekatan yang dilakukan tenaga kesehatan dengan anak-anak tidak membuat mereka merasa trauma berobat ke rumah sakit.

“Saya lihat ada semacam pendekatan yang lebih baik, sehingga menghilangkan trauma anak di rumah sakit dengan pakaian badut. Pelayanan ramah anak,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menjelaskan, jika sebagai bagian dari pemerintah harus mempunyai pelayanan publik yang standar. Menurutnya, pelayanan publik ini menjadi salah satu poin pengelolaan pemerintah daerah.

“Saya minta kepada Direksi RSWN beserta seluruh jajaran untuk melayani service excellent atau pelayanan prima. Harus seperti ini, dari mulai masuk disambut dengan suasana yang nyaman, masuk ada satpam yang welcome,” kata Ita, sapaan akrabnya.

Ita menambahkan, jika RSWN ini sudah menjadi smart hospital dengan berbagai sistem digitalnya. “RSWN ini kan sudah smart hospital, sehingga orang mau daftar, rawat jalan dan rawat inap sudah berbasis digital. Ketika kita pengunjung datang dan tidak tau tempatnya maka sudah ada robot yang menunjukkan,” sambungnya.

BACA JUGA:   Seorang Wanita Lompat dari Gedung Mall Paragon Semarang, Warga Sempat Dengar Suara Bruk

Menurut Ita, yang membedakan RSWN dengan Rumah Sakit lainnya yakni tahun ini akan ada pembangunan gedung perawatan kanker atau gedung onkologi radiasi.

“Saat ini kita sudah punya MRI 3 Tesla. Di Jawa Tengah alat ini hanya ada dua saja, yakni di RSUP dr Kariadi dan RSWN Kota Semarang. Ini jadi bagian dari kita melayani masyarakat secara utuh, sehingga harapannnya Rumah sakit ini menjadi rujukan dan menjadi pilihan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro, Eko Krisnarto mengatakan, RSWN terus berinovasi sebagai rumah sakit ramah anak untuk menunjang program Pemerintah Kota Semarang.

“Kami melihat banyak anak-anak datang ke rumah sakit trauma, takut. Setelah kami lakukan dengan berbagai hal, seperti perawat yang pakai pakaian badut, melakukan cerita ke anak, ternyata menenyenangkan bagi anak. Segingga anak tidak takut,” paparnya.

Share this Article
Leave a comment