Ad imageAd image

KSPN Jateng Buka Suara Soal PT Sai Apparel Dikabarkan Tutup Hingga PHK Ribuan Karyawan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 648 Views
2 Min Read
Ilustrasi karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). (Foto: istimewa)

INDORAYA – Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) Jawa Tengah (Jateng) buka suara soal PT Sai Apparel di Kota Semarang yang dikabarkan tutup hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan karyawannya.

Sekretaris DPW FKSPN Jateng, Heru Budi Utoyo membantah kabar tersebut. Dia mengatakan, kabar PHK memang terjadi, akan tetapi produksi PT Sai Apparel di Kota Semarang masih berlanjut. Pabrik tekstil ini masih beroperasi namun dengan jumlah pekerja berkurang cukup drastis.

Hal itu dikatakannya menanggapi data Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) yang menyebut ada lima pabrik tekstil besar di Jateng tutup per awal Juni 2024. Salah satunya adalah PT Sai Apparel yang memberhentikan 8.000 pekerja.

“Sebenarnya 8.000 karyawan itu data 2022 sampai 2023. Terus kan bikin pabrik baru di Grobogan, sehingga pekerjanya sebagian pindah. Di sini (Semarang) tinggal 1.000-2.000 pekerja, tetapi masih buka, tidak tutup. Kalau di Grobogan pekerjanya ada sekitar 5.000 orang,” kata dia saat dihubungi wartawan, Rabu (19/6/2024).

Meski tidak tutup, Heru membenarkan kabar adanya PHK di PT Sai Apparel di Semarang imbas dari ekspansi pabrik baru di Grobogan. Namun, jumlah pekerja yang kena PHK tidak sampai 8.000 orang, hanya berjumlah 1.482 orang.

“Jadi imbas pindah Grobogan ada yang di PHK, dipindah ke Grobogan [buruhnya], dan putus kontrak karena masih PKWT [perjanjian kerja waktu tertentu],” katanya.

“Kemudian PHK itu terjadi bukan di 2024 melainkan pada 31 Desember 2023. Hak-hak pekerja yang di PHK juga sudah dipenuhi secara baik. Bahkan sebagian pekerja saat ini adalah yang di PHK dan dipekerjakan kembali,” imbuh Heru.

Oleh sebab itu, dia menegaskan bila pada awal hingga pertengahan 2024, PT Sai Apparel Kota Semarang tetap buka dan tidak ada kabar soal PHK. Namun, terdapat penurunan karyawan secara drastis imbas dari ekspansinya PT Sai Apparel ke Kabupaten Grobogan.

Share this Article