Ad imageAd image

KPU Tetapkan 10 Partai Lolos Parlemen, 8 Tak Punya Wakil di DPRD Jateng

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 936 Views
2 Min Read
Ilustrasi partai politik peserta Pemilu 2024. (Foto: istimewa)

INDORAYA – KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menetapkan sebanyak 10 partai politik lolos parlemen dan memiliki kursi di DPRD Jateng periode 2024-2029. Adapun delapan partai lainnya dipastikan tidak punya wakil rakyat.

Hal ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah 2024 yang digelar di Aula Kantor KPU Jawa Tengah, Selasa (28/5/2024).

Dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, 10 partai yang lolos dan mengisi 120 kursi DPRD Jateng yaitu PDI Perjuangan, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, PPP, PAN, Partai Nasdem, dan PSI.

BACA JUGA:   Pelebaran Jalan Alternatif Ngadirejo-Kedu Temanggung, Tingkatkan Perekonomian Warga Setempat¬†

Sepuluh partai ini memiliki jumlah kursi yang berbeda-beda. PDIP meraih kursi terbanyak, dengan raihan 33 kursi, PKB dengan perolehan 20 kursi, Partai Gerindra dan Partai Golkar sama-sama memperoleh 17 kursi.

Selanjutnya PKS dengan 11 kursi, Partai Demokrat 7 kursi, PPP 6 kursi, PAN 4 kursi, Partai Nassem dengan 3 kursi, serta PSI dengan perolehan 2 kursi. Hasil ini sudah ditetapkan dalam SK KPU Jawa Tengah Nomor 69 Tahun 2024.

Sementara itu ada delapan partai politik yang dipastikan tidak memiliki perwakilan rakyat di Jateng. Yaitu Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

BACA JUGA:   Dialog Kebudayaan, Bupati: Seniman Temanggung Komitmen Pertahanhan Tradisi

Kemudian empat partai lainnya adalah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Ummat.

Rapat pleno ini diikuti oleh Komisioner KPU Jawa Tengah, Bawaslu Jawa Tengah, perwakilan pengurus dari partai politik di Jawa Tengah, dan perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Tengah.

Share this Article