Ad imageAd image

KPU Tegaskan Capres-Cawapres Hadiri Lima Sesi Debat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 878 Views
2 Min Read
Capres Cawapres 2024. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menekankan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden hadiri setiap sesi debat. Kegiatan itu akan dibedakan oleh KPU, dengan proporsi bicara dari capres dan cawapres.

Dia menjelaskan, lima sesi itu pada dasarnya pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja proporsinya, bicara, itu yang berbeda

“Lima kali debat ini kan calon presiden dan wakil presiden. Ada tiga kali debat capres, dan ada dua kali debat cawapres,” ungkap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari kepada wartawan, Kamis (1/12/23).

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran di Jawa Timur Capai Suara Sementara 66,34%

Kata Hasyim, pada saat debat capres, proporsi bicara capres akan lebih banyak. Sebaliknya, kata dia, saat debat cawapres, maka proporsi bicara cawapres lebih banyak.

“Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya maka untuk cawapres lebih banyak,” ujar dia.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, pasangan capres-cawapres wajib hadir di setiap pelaksanaan debat. Dia menilai, hal itu untuk menunjukkan kepada publik pasangan mana yang lebih mantap saat debat .

“Mengapa kedua-duanya harus hadir, ini juga untuk menunjukkan kepada publik bahwa beliau-beliau berdua masing-masing pasangan calon kan, capres dan cawapres. Sehingga kemudian supaya publik makin yakin lah teamwork antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat,” tuturnya.

BACA JUGA:   PBB Targetkan 25 Kursi DPR RI Pada Pemilu 2024 Nanti

Berikut jadwal beserta tema debat capres-cawapres dari KPU:
1. Selasa, 12 Desember 2023: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.
2. Jumat, 22 Desember 2023: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.
3. Minggu, 7 Januari 2024: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.
4. Minggu, 21 Januari 2024: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.
5. Minggu, 4 Februari 2024: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

BACA JUGA:   Bawaslu Minta DKPP Berhentikan Sementara Ketua dan Anggot KPU RI
Share this Article
Leave a comment