Ad imageAd image

KPU Siapkan Anggaran Rp2 Triliun untuk Pilkada Serentak Jateng 2024

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 719 Views
2 Min Read

INDORAYA – KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan anggaran senilai Rp 2.182.103.731.000 untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Jateng.

Komisioner KPU Jateng Basmar Perianto Amron mengatakan, dana ini bersumber dari hibah pemerintah daerah untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) serta Pemilihan Bupati/Wali Kota (Pilbup/Pilwakot).

Basmar bilang, untuk penyelenggaran Pilgub Jateng sendiri total anggarannya mencapai Rp791.608.630.000. Sementara untuk Pilbup/Pilwakot masing-masing daerah bervariasi.

“Anggaran Rp 791.608.630.00 untuk KPU Provinsi Jateng hibah dari Pemprov. Sementara untuk kabupaten/kota di Jateng termasuk KPU Jateng total anggaran 2.182.103.731.000,” katanya usai Rakor Persiapan Pilkada di Jateng yang digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (26/3/2024).

BACA JUGA:   Pameran dan Bazar Buku Perpustakaan Provinsi Jateng Jadi Ikhtiar Merawat Literasi di Era Digital

Dikatakannya, dana tersebut nantinya akan dialokasikan untuk kebutuhan dan seluruh tahapan penyelanggaraan Pilkada.

“Alokasinya untuk penyelenggaran Pemilu mulai dari proses penyusunan regulasi hingga penetapan pasangan calon,” ungkap Basmar.

Dia berkata, KPU Jateng beserta KPU di 35 kabupaten/kota siap menyelenggarakan Pilkada 2024. Untuk tahapan saat ini yaitu pendaftaran pemantau Pilkada.

“Tahapan ini sudah dimulai PKPU nomor 2 tahun 2024 sudah diundangkan tanggal 26 Januari. Artinya sudah mulai penyusunan regulasi sudah kita umumkan, untuk pemantau sudah kita umumkan,” katanya.

BACA JUGA:   Imbas Temuan Kasus di Klaten, Dinkes Jateng Bakal Lakukan Imunisasi Polio Massal

Selain itu, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah strategis, termasuk mengantisipasi banyaknya petugas yang sakit pada Pemilu bulan Februari kemarin.

“Dari KPU dari sisi penyelenggaraanya, penganggarannya, teknisnya sudah siap semua, landasan hukumnya sudah siap, begitu juga langkah-langkah strategisnya,” tandas Basmar.

Share this Article
Leave a comment