Ad imageAd image

KPU Semarang Sebut Tingkat Kerusakan Surat Suara Pemilu 2024 Sekitar 0,3 Persen

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 789 Views
2 Min Read
Ilustrasi surat suara. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menyebutkan temuan tingkat kerusakan surat suara Pemilihan Umum 2024 sekitar 0,2 hingga 0,3 persen.

“Saya lebih suka bahasanya adalah surat suara yang kurang layak digunakan, ya. Kemarin sudah dilaporkan ke KPU RI, rata-rata 0,2 sampai 0,3 persen,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/1/2024).

Dia menjelaskan kondisi surat suara kurang layak yang dimaksud itu antara lain terdapat bercak dan sobek sehingga tingkat standar deviasinya masih aman di bawah 0,5 persen.

BACA JUGA:   KPU Jateng Berhasil 'Bersihkan' 522 Nama Tercatut di Parpol

“Dan itu bukan kesalahan KPU, tetapi karena memang proses produksinya. Tugas sortir dan lipat memang adalah untuk memastikan surat suara agar dalam kondisi semua layak untuk digunakan,” tambahnya.

KPU Kota Semarang pun sudah mengajukan penggantian atas surat suara kurang layak tersebut.

“Saya kira masih sangat bisa dimaklumi dan aman, dan itu sudah kami ajukan penggantiannya. Pada intinya, dilakukan penggantian,” jelasnya.

Saat ini, dia menyampaikan tahapan yang sedang berlangsung adalah pengepakan surat suara ke dalam kotak suara. Pada Minggu (28/1), proses pengepakan surat suara dilakukan di Kecamatan Ngaliyan dan akan disusul di kecamatan-kecamatan lainnya.

BACA JUGA:   Istana Tegaskan Pelaksanaan Pemilu 2024 Digelar Tetap Sesuai Jadwal

Sedangkan untuk distribusi logistik Pemilu 2024, KPU Kota Semarang telah menjadwalkan pada awal Februari ke seluruh kecamatan di kota tersebut.

“Rencana mulai awal Februari, kami distribusi logistik ke seluruh kecamatan. Modelnya bertahap, ya. Di satu hari, mungkin ada satu, dua kecamatan yang kami kirim,” ujarnya.

Share this Article
Leave a comment