Ad imageAd image

KPU Sebut Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024 Sisa 6 Lagi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 719 Views
2 Min Read
Ilustrasi KPU. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memiliki waktu terbatas selama empat hari untuk menyelesaikan proses penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat nasional. Saat ini, ada enam provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi nasional.

Menurut data yang diperoleh pada Sabtu (16/3/2024), dari total 38 provinsi di Indonesia, rekapitulasi tingkat nasional telah selesai dilakukan di 32 provinsi.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengumumkan bahwa enam provinsi yang masih melakukan rekapitulasi nasional adalah Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

BACA JUGA:   Gibran Cawapres Prabowo Semakin Menguat! Gerindra Ungkap Begini

“Alhamdulillah, rekapitulasi sudah selesai di 10 provinsi di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, termasuk Sulawesi Tengah dan NTB serta NTT. Namun, Maluku Utara masih menunggu rekapitulasi di Maluku,” ungkapnya dalam rapat di kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Sabtu tersebut.

KPU mempunyai tenggat waktu hingga 20 Maret 2024 untuk mengumumkan hasil penghitungan suara secara nasional. Rencananya, rapat rekapitulasi nasional untuk Maluku akan digelar pada Minggu (17/3/2024).

“Besok, yaitu tanggal 17 Maret,” tambahnya.

Sementara itu, di luar negeri, sebanyak 127 Perwakilan Pemilih Luar Negeri (PPLN) telah menyelesaikan rekapitulasi nasional. Namun, PPLN Kuala Lumpur, Malaysia, masih menunggu untuk melakukan rekapitulasi karena perlu mengadakan pemungutan suara ulang (PSU) pada Minggu (10/3).

BACA JUGA:   Bertemu Surya Paloh, Prabowo: Setelah Bertanding Kita Bersatu Bangun RI

KPU RI awalnya menargetkan penyelesaian rekapitulasi nasional pada Senin, 18 Maret. Saat ini, proses penghitungan masih berlangsung, dan mereka berharap dapat menyelesaikannya lebih awal dari target yang ditetapkan.

Share this Article
Leave a comment