Ad imageAd image

KPU Sebut Jadwal PSU Legislatif Setiap Daerah Berbeda-beda

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1 View
2 Min Read
Ilustrasi KPU. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan jadwal pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) legislatif di sejumlah daerah berbeda-beda.

Komisioner KPU Idham Holik menyatakan jadwal pelaksanaan PSU disesuaikan dengan rentang waktu atau durasi yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Penyelenggaraan pemungutan suaranya itu tidak sama. Sangat bergantung pada rentang waktu yang diberikan oleh MK,” kata Idham, pada Jumat (14/6/2024).

MK dalam amar putusannya atas sejumlah gugatan sengketa Pileg memerintahkan KPU menggelar PSU di sejumlah daerah dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

Misalnya, terdapat 7 PSU harus digelar dalam rentang 45 hari sejak diputus oleh MK. Lalu, 11 PSU digelar dalam rentang waktu 30 hari dan 2 PSU lainnya digelar dalam waktu 21 hari.

Idham menjelaskan jadwal PSU nantinya akan dikelompokkan berdasarkan tenggat waktu yang telah ditetapkan MK.

“Jadi, dia akan sama (tanggal PSU nya) kalau tenggat waktunya sama. Misalnya untuk 7 perkara, yang di mana MK memberi tenggat waktu 45 hari, maka pemungutan PSU nya akan sama,” ujarnya.

“Misalnya, DPRD provinsi Gorontalo, terus DPD Sumbar, terus beberapa TPS di Rokan Hulu untuk DPRD provinsi dan DPRD kabupaten. Nanti dia akan sama. Tergantung pada rentang waktu yang diberikan oleh Mahkamah dalam putusannya,” lanjutnya.

Idham mengatakan jadwal PSU itu akan dibuat oleh KPU RI, bukan daerah. Sebab, yang diperintahkan oleh MK untuk melaksanakan PSU adalah KPU RI.

Namun, KPU belum bisa memaparkan detail jadwal tersebut. Sebab, KPU masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dan merumuskannya.

Share This Article