Ad imageAd image

KPU Kota Serang Temukan Belasan Bakal Caleg Psikopat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 515 Views
1 Min Read
Ilustrasi KPU. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – KPU Kota Serang, Banten, menemukan belasan bakal calon anggota legislatif (caleg) yang dinyatakan psikopat berdasarkan pemeriksaan kesehatan jiwa oleh rumah sakit.

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat Mabruri, mengatakan dari 695 caleg yang ada di Kota Serang, seluruhnya dinyatakan sehat secara jasmani dan negatif narkoba. Namun, ada temuan bakal caleg yang dinyatakan psikopat ringan, sedang dan berat saat tes kesehatan jiwa.

“Ini ada beberapa caleg, enggak lebih dari 20 (orang) dinyatakan psikopat ringan, psikopat berat,” kata Fierly, Senin (5/6/2023).

Fierly mengatakan hasil itu diperoleh dari wawancara oleh ahli dan tes psikologi Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). Dua tes itu dilakukan para caleg di rumah sakit pemerintah di Kota Serang mulai dari RSUD Kota Serang, RSUD Banten, dan RS dr Dradjat Prawiranegara Serang (RSDP).

“Redaksionalnya sama, ditemukan psikopat ringan, sedang, berat. Paling banyak ringan, ya mungkin nervous,” katanya.

KPU Kota Serang, katanya, sudah berkomunikasi dengan rumah sakit. Dia mengatakan ada indikasi para bakal caleg itu sedang kurang istirahat saat tes kesehatan jiwa.

“Orang-orang ini harus mengulang tes kerohanian mereka, harus diulang itu,” ujarnya.

Share this Article
Leave a comment