Ad imageAd image

KPU Jateng Tolak Laporan Dana Awal Kampanye Pemilu 15 Partai Politik

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 821 Views
2 Min Read
Komisioner KPU Jawa Tengah, Muhammad Machruz. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Laporan Dana Awal Kampanye (LDAK) Pemilu 2024 dari 15 partai politik di Jawa Tengah (Jateng) ditolak. KPU Jateng menyebut hanya 3 partai politik dengan LADK yang sudah final dan diterima.

Komisioner KPU Jateng Muhammad Machruz mengatakan, masing-masing parpol telah melaporkan LDAK melalui aplikasi sistem informasi kampanye dan dana kampanye (Sikadeka) paling lambat pada 7 Januari 2024 lalu.

Dari hasil pencermatan terhadap 18 parpol yang telah dilakukan, KPU Jateng telah mengembalikan LDAK 15 parpol peserta Pemilu 2024 untuk segera diperbaiki.

BACA JUGA:   Jateng Dua Kali Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional, Ganjar: Perkembangan yang Sangat Bagus

Adapun 15 parpol tersebut yaitu PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Partai Hanura, PAN, PBB, PSI, Partai Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

“3 parpol diterima (LADK tanpa perbaikan) Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), kemudian Partai Demokrat, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),” kata Machruz saat ditemui di Hotel Quest Kota Semarang, Kamis (11/1/2024).

Dia mengatakan, penolakan itu berkaitan dengan administrasi yang belum lengkap, sehingga ke-15 parpol itu harus melakukan perbaikan LADK. Perbaikan maksimal pada 12 Januari 2024.

BACA JUGA:   Polda Jateng Gandeng 350 Berbagai Lapisan Masyarakat Demi Pemilu Damai

“Dari hasil pencermatan ini memang ada yang kita kembalikan sampai tanggal 12. Mereka punya waktu lima hari. Kami juga melakukan surat pemberitahuan, baik yang diterima atau masih perlu perbiakan, kita beri waktu 1 hari untuk proses perbaikan,” ujar Machruz.

Saat disinggung terkait jumlah LADK yang dilaporkan masing-masing parpol, Machruz enggan memberitahunya sekarang. KPU akan mengumumkannya setelah masa perbaikan selesai pada 13 Januari 2024.

“Mereka masih punya waktu melakukan perbaikan, nanti akan kita umumkan di tanggal 13 Januari 2024,” beber dia.

BACA JUGA:   Pengendalian Harga Komoditas Pangan Jadi Kunci Inflasi Jateng Turun 3 Bulan Terakhir

Machruz mengatakan, dana kampanye parpol untuk Pemilu 2024 bersumber dari keuangan partai, sumbangan perseorangan maupun kelompok, perusahaan, dan/atau badan usaha non-pemerintah.

Share this Article
Leave a comment