Ad imageAd image

KPU Jateng Jamin Keterlibatan Pemilih Disabilitas dalam Pemilu 2024

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 726 Views
2 Min Read
Kegiatan Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas "Mewujudkan Pemilu Inklusif di Jawa Tengah" di Patra Hotel & Convention Semarang, Rabu (13/9/2023).

INDORAYA – KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjamin keterlibatan pemilih penyandang disabilitas dalam Pemilu serentak 2024. Sebagai warga negara, penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk memilih calon pemimpin bangsa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Divisi SDM dan Litbang KPU Jateng M. Taufiqurrohman dalam kegiatan Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas yang digelar oleh Bawaslu Jateng di Patra Hotel & Convention Semarang, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan bertema “Mewujudkan Pemilu Inklusif di Jawa Tengah” tersebut dihadiri oleh Kelompok Disabilitas di Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, Taufiq memastikan bahwa Pemilu 2024 bersifat inklusif, yakni mengikutsertakan semua masyarakat.

BACA JUGA:   Sambut HUT Polwan ke-75, Polda Jateng Gelar Olahraga Bersama

“Oleh karena itu kita ajak semuanya untuk¬† menjadi bagian dari proses Pemilu di negara kita, maka tidak ada satupun warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih yang diabaikan,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam acara itu.

Selain itu, Taufiq menyebut bahwa KPU Jateng memastikan tidak adanya kendala dan hambatan bagi para pemilih dari kalangan disabilitas untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

“Kami dari KPU ingin memastikan dan kami pastikan bahwa tidak ada hambatan bagi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam Pemilu,” imbuhnya.

BACA JUGA:   KPU Kota Semarang Tetapkan 1,23 Juta DPT Pemilu 2024

Selain itu, KPU Jateng juga memperhatikan perihal aksesibilitas dengan kemudahan akses penyandang disabilitas menuju TPS. Sehingga mereka yang memiliki kekurangan tetap dapat menyalurkan hak pilihnya.

“Tidak cuma itu, semua proses pemilu yang dilakukan oleh KPU juga memperhatikan aksesibilitas. Seperti ketika KPPS kami membangun TPS, apakah tempatnya mudah diakses atau tidak. itu bagian dari perhatian kita dalam hal Inklusifitas, terutama kepada penyandang disabilitas,” tandas Taufiq.

Sebagai informasi, sebanyak 187.501 disabilitas di Jateng menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024. Disabilitas fisik 80.258, disabilitas intelektual 10.398, dan mental 44.851. Pemilih disabilitas sensorik wicara ada 21.051, disabilitas sensorik rungu 10.087, serta disabilitas sensorik netra 20.856.

BACA JUGA:   Hadiri Saresehan Kades se-Jateng, Ganjar Akui Masih Ada PR di Akhir Jabatannya
Share this Article
Leave a comment