Ad imageAd image

KPU Izinkan Konten Kreator Jadi Moderator Debat Pilpres 2024

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1k Views
2 Min Read
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengizinkan ketiga tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mengusulkan Youtuber hingga kreator konten menjadi moderator debat Pilpres 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan pada dasarnya salah satu kriteria moderator debat capres-cawapres adalah orang yang sudah terbiasa dengan kamera.

“Ya ada kemungkinan [bisa Youtuber, kreator konten, podcaster]. Intinya adalah teman-teman yang biasa tampil di publik dan sudah biasa menghadapi kamera,” kata Hasyim di Kantor KPU, Rabu (6/12/2023).

BACA JUGA:   Titiek Soeharto Gaya Dua Jari Usai Nyoblos: Insyaallah Satu Putaran

Namun demikian, Hasyim menuturkan kriteria penting lainnya yang akan dipilih sebagai moderator, yaitu harus menguasai isu.

“Tentu saja itu [menguasai isu] jadi bahan pertimbangan. Dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam, itu kan tidak mengurangi masing masing porsi tadi, capres maupun cawapres ketika menjawab,” jelas dia.

Hasyim menjelaskan nantinya moderator akan memandu debat selama 120 menit. Akan ada dua moderator dalam satu agenda debat, perwakilan laki-laki dan perempuan.

“Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Demokrat Pastikan Tetap Dukung Paslon Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Hasyim menyatakan KPU sebenarnya sudah menyiapkan nama-nama sebagai kandidat moderator. Namun, pihaknya belum bisa memutuskan karena menunggu usulan dari ketiga paslon terlebih dahulu.

“KPU juga sudah menyiapkan nama-nama usulan untuk moderator. Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu,” ucap dia.

“Kita juga sudah minta usulan dari tim pasangan 1,2, dan 3 sama dengan putusan tim panelis tadi, maksimal disampaikan ke KPU maksimal besok hari Jumat tanggal 8 Desember 2023,” imbuhnya.

Share this Article
Leave a comment