Ad imageAd image

KPK Panggil Dua Saksi Hari Ini Terkait Kasus SYL, Salah Satunya Kepala Badan Pangan Nasional

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 723 Views
1 Min Read
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua orang saksi pada hari ini, terkait kasus mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang diduga korupsi.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, menyebut satu saksi yang dipanggil oleh KPK adalah Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. Sedangkan saksi lainnya berasal dari pihak swasta bernama Rajiv.

“Hari ini (26/1) bertempat di gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (26/01/2024).

BACA JUGA:   Tanah Sitaan Milik Mantan Bupati Bangkalan Dijadikan Gedung Rupbasan KPK

Sebelumnya, KPK telah melakukan proses hukum SYL atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). SYL sendiri saat ini telah ditahan KPK.

Selain itu, KPK juga memproses pejabat Kementan atas kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi. Di antaranya, Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

Para tersangka tersebut dijerat pelanggaran Pasal 12 huruf e dan Pasal 12 huruf B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

BACA JUGA:   Firli Bahui Klaim Ajukan Pengunduran Diri dari KPK Sejak 18 Desember

Sementara SYL sendiri menjadi tersangka yang melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU 8/2010 tentang TPPU.

Share this Article
Leave a comment