Ad imageAd image

Kisah Jemaah Haji Tertua di Jateng, Usia 103 Tahun

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 805 Views
2 Min Read
Suminah, jemaah haji tertua di Jateng usia 103 tahun. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Suminah, warga Desa Pengkol, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, tercatat sebagai jemaah haji tertua di Jawa Tengah di usia 103 tahun.

Kendati demikian, Mbah Minah masih aktif melakukan aktivitas di rumah. Dia juga masih bisa membaca dengan jelas tanpa bantuan kacamata.

Tahun ini, Mbah Minah bergabug di kelompok terbang (kloter) 1 Kabupaten Rembang. Dia dipastikan terbang ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji pada 16 Juni 2023 nanti. Dia mendapatkan kuota haji prioritas lansia di tahun ini.

BACA JUGA:   11 Juta Wisatawan Diprediksi Berkunjung di Jateng Saat Libur Lebaran

Adapun keberangkatannya tahun ini merupakan penantiannya selama 7 tahun sejak 2016 lalu ia melakukan pendaftaran. Awalnya, ia mendapatkan kesempatan untuk berangkat haji tahun lalu, 2021. Namun, hal itu harus ditunda karena Covid-19.

Dia mengaku telah menjual sepasang sapi dan tiga ekor kambing milik dia untuk bisa berangkat ke Arab Saudi nanti.

“Ngarit (mencari rumput) dan ngerumati (merawat) sapi, berangkat haji. Iya jual 2 sapi,” ungkap Suminah saat ditemui di rumahnya pada Kamis (25/5/2023) kemarin.

Sementara itu, Cucu Mbah Minah Anis Maharani menyatakan bahwa pihak keluarga juga khawatir dengan keberangkatan Mbah Minah. Hal itu, karena Mbah Minah berangkat seorang diri.

BACA JUGA:   Diserang Ribuan Warganet Usai Piala Dunia Batal di Indonesia, Ganjar Pranowo Hanya Bisa Pasrah

Namun, Anis juga mengatakan keluarga telah pasrah dan berserah mengingat pelaksanaan haji yang merupakan rukun Islam kelima ini merupakan keinginan tersbesar neneknya.

“Daftarnya 2016, terjadwal 2021 lalu tapi terkendala masih korona dan tahun ini baru berangkat. Berangkatnya sendirian tapi katanya ada pendampingan dari sana (panitia). Keluarga sempat khawatir. Tapi sudah diberi kursi roda juga, untuk sesak nafasnya biar gak kambuh,” papar dia.

Share this Article