Ad imageAd image

Ketua PW Muhammadiyah Jateng Ikuti Ujian Terbuka Doktoral Studi Islam

Redaksi
By Redaksi 114 Views
3 Min Read
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah yang sekaligus dosen Universitas Islam Negri (UIN) Walisongo Semarang, Dr Tafsir, MAg memperoleh gelar doktor usai mengikuti Sidang Terbuka Promosi Doktor yang diselenggarakan oleh UIN Walisongo Semarang, Jumat (4/2/2022).

INDORAYA – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah yang sekaligus dosen Universitas Islam Negri (UIN) Walisongo Semarang, Dr Tafsir, MAg mengikuti Sidang Terbuka Promosi Doktor yang diselenggarakan oleh UIN Walisongo Semarang, Jumat (4/2/2022).
Dr Tafsir, MAg dianugrahi gelar doktor setelah menyelesaikan studi S3-nya pada Bidang Studi Kajian Islam di UIN Walisongo Semarang, dengan judul Desertasi Dinamika Purifikasi Muhammadiyah di Jawa Tengah. Sidang terbuka digelar secara blendeed, berpusat di Aula Kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

Adapun selaku Ketua Sidang pada Ujian Terbuka kali ini yakni Prof Dr Imam Taufiq, MAg, Sekretaris Sidang, Prof Dr Abdul Ghofur, MAg, Promotor, Prof Dr Abdul Munir Mulkhan, SU, Co-Promotor, Drs Abu Hapsin, MA, PhD.

BACA JUGA:   Jelang Laga Lawan Persis, Polisi Pesan Begini kepada 1.500 Suporter PSIS

Kemudian hadir juga Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Haedar Nashir, MSi selaku penguji eksternal. Kemudian penguji lainnya, yakni Prof Dr Abdul Djamil, MA, Prof Dr M Mukhsin Jamil, MAg, dan Dr Nashihun Amin, MAg.

Ujian Terbuka ini dimulai sejak pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Diawali dengan pemaparan Dr Tafsir, MAg mengenai desertasinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para penguji.

Dalam pemaparannya, Dr Tafsir menyoroti perlu adanya purifikasi (desakralisasi, rasionalisasi, dan festivalisasi) budaya di dalam tubuh persyarikatan Muhammadiyah. Di mana selama ini budaya yang notabenenya adalah produk kearifan lokal tak jarang menjadi perdebatan di tengah masyarakat Islam, ketika terjadi perpotongan dengan agama. Sehingga, dalam desertasinya, Dr Tafsir menawarkan solusi tentang potensi hadirnya purifikasi di tengah kebudayaan.

BACA JUGA:   Pemprov Jateng Masih Tunggu Keputusan Pusat Soal Kejelasan Nasib Non-ASN

Salah satu pemandangan yang cukup menarik adalah, hadirnya Ketua PWNU Jawa Tengah yang sekaligus menjadi co-promotor Dr Tafsir yang notabenenya adalah Ketua PWM Jawa Tengah.

Prof Dr Haedar Nashir, MSi yang berkesempatan ikut menguji mengatakan, sidang terbuka ini, merupakan contoh keharmonisan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

“Sehingga patut ditiru dan dijadikan uswah bagi jama’ah, baik Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama,” katanya.

Sidang Terbuka ditutup dengan pengumuman dari Tim Penguji, yang mana ketua sidang, Prof Dr Imam Taufiq, MAg menyampaikan hasil dari siding terbuka kali ini.

BACA JUGA:   Pemerintah Akan Batasi Pembelian BBM Subsidi, Erick Thohir: Tunggu Saja

“Dengan itu maka hari ini, Jumat 4 Februari 2022 telah dilaksanakan yusidium promosi doktor atas nama mahasiswa, Tafsir dengan hasil yudisium yang bersangkutan dinyatakan lulus program doktor,” Ucap Ketua Sidang di akhir Sidang Terbuka.(IR)

Share this Article