Ad imageAd image

Kenalkan Alusista kepada Siswa Lewat Penerbad Fair

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 869 Views
3 Min Read
Pameran alusista yang digelar Penerbad diserbu masyarakat, khususnya pelajar di Kota Semarang, Selasa (14/11/2023). (Foto: Dickri Tifani Badi)

INDORAYA – Penerbang TNI Angkatan Darat (Penerbad) memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya para pelajar dengan mengenalkan melalui pameran alat utama sistem senjata (alutsista) helikopter.

Pameran alusista tersebut digelar masih dalam rangkaian acara HUT ke-64 Penerbad yang digelar di bandara lama Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kamis-Selasa (9-14/11/2023) dengan mengusung tema ‘Penerbad yang modern, professional, dan handal’.

Selain itu, pameran yang dikemas dalam Penerbad Fair ini juga menyajikan berbagai rangkaian acara mulai dari atraksi helikopter, kegiatan donor darah, pembagian sembako, bermacam lomba, dan expo UMKM.

Komandan Pusidik Penerbad Kolonel CPN Hartopo Tri Utomo mengatakan, ulang tahun Penerbad tahun ini yakni mengedepankan edukasi kepada para pelajar melalui kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Hal itu bertujuan agar para siswa yang hadir dalam pameran tersebut diberi kesempatan untuk melihat secara langsung sekaligus bertanya kepada anggota Penerbad.

Ia menjelaskan, alusista yang dipamerkan antara lain ada heli serang, Apache AH-64, MI 35, Bolkow 105. Ada juga heli angkut dan serbu yakni Bell 412, produk terbaru dari Amerika, ada juga MI 17 dari Rusia, dan beberapa heli latih seperti S300 Sikorsky, serta ada kolibri.

“Tujuannya adalah memberikan edukasi kepada adik-adik kita, generasi muda ini. Bagaimana Penerbad dan alusistanya apa saja yang dimiliki,” ujar Kolonel CPN Hartopo Tri Utomo saat ditemui Indoraya, Selasa (14/11/2023).

Hartopo menilai sejak Penerbad Fair dibuka hingga penutupan Selasa sore tadi, yaitu antusiasnya sangat luar biasa.

“Antusiasnya sangat baik sekali, sampai-sampai yang harusnya pameran jam 5 sore ditutup. Kira harus memperpanjang jam operasionalnya, agar warga yang datang tidak kecewa. Jadi kita perpanjang sampai jam 8 malam,” jelas dia.

Dia berharap, acara semacam ini bisa menjadi agenda tahunan. Dengan melalui pameran, kata dia, menunjukkan TNI merupakan dari rakyat dan kembali untuk rakyat.

“Kami sangat berharap acara semacam ini bisa menjadi agenda tahunan yang kemudian bisa bersama-bersama dengan masyarakat, khususnya Kota Semarang memperkenalkan TNI berasal dari rakyat untuk rakyat,” imbuh dia.

Sementara itu salah satu pengunjung, Rahma mengaku sengaja bersama buah hatiny ke pameran alusista yang digelar Penerbad. Hal itu agar anaknya bisa mendapatkan ilmu tentang
sistem pertahanan yang dimiliki TNI.

“Sengaja kesini, biar anak saya mengetahui bagaimana alusista yang dimiliki TNI,” kata Rahma.

Pengunjung lain, Wahyu Figa menyambut baik acara ini. Apalagi, sang anak memang sudah sejak kecil menyukai alat tempur perang.

“Hari ini dia ingin liat secara langsung, liat secara detail, kalau di rumah cuma lihat di hp atau di televisi, sekarang bisa liat langsung,” pungkasnya.

Share this Article