Ad imageAd image

Kemenko Marves: 381 Unit Motor Listrik Sudah Laku Terjual

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 635 Views
1 Min Read
Ilustrasi motor listrik. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin menyampaikan bahwa sebanyak 381 unit motor listrik bersubsidi sudah terjual hingga periode 20 Mei 2023.

Rachmat mengatakan bahwa, jumlah itu sesuai dengan data situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira).

“Berdasarkan data situs Sisapira, hingga 20 Mei 2023, tercatat 381 unit motor listrik yang sudah laku terjual,” ujar Rachmat, Minggu (21/5/23).

Sebelumnya, pemerintah memberikan sejumlah insentif untuk kendaraan listrik. Untuk motor, sebesar Rp7 juta pembelian baru maupun konversi. Sedangkan untuk mobil, adanya insentif pengurangan pajak 10 persen, artinya PPN sebesar 11 persen menjadi 1 persen saja.

Dengan adanya insentif itu, menurut Rachmat, permintaan motor dan mobil konversi jadi meningkat signifikan. Hal itu terlihat dari data pemerintah, kata dia, lebih dari 200 pemohon mengajukan konversi motornya dari bahan bakar bensin ke listrik.

“Wuling Air EV dan Hyundai Ioniq 5 sudah memenuhi syarat TKDN 40 persen dan konsumen sudah bisa mendapatkan diskon PPN. Wuling bahkan mengalami kenaikan penjualan sebanyak 80 persen sejak insentif berlaku,” papar dia.

Share this Article
Leave a comment