Ad imageAd image

Kemenkeu Klaim Belum Terima Insentif Pajak Penghasilan ke Kemenko: Masih Kita Tunggu

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 672 Views
1 Min Read
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu, menjelaskan terkait pihaknya belum menerima usulan insentif Pajak Penghasilan (PPh), Badan sektor pariwisata dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko). Katanya, masih menunggu usulan itu disampaikan untuk segera dibahas.

“Itu belum (dikaji). Itu masih kita lihat dan kita tunggu saja nanti (disampaikan Kemenko Perekonomian),” ujar Febrio di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (29/1/24).

Dia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum ada komunikasi dengan Kemenko Perekonomian. Oleh karena itu, katanya, dia belum bisa memastikan seperti apa konsepnya dan apakah memungkinkan untuk diberikan.

BACA JUGA:   20 Persen Kebutuhan Gula Konsumsi RI dari Impor

“Kan saya bilang belum (dikomunikasikan),” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan insentif kepada pelaku usaha di sektor pariwisata berupa pengurangan pajak penghasilan (PPh) sebesar 10 persen.

“PPh Badan untuk sektor pariwisata itu keseluruhan, lebih kepada seluruh sektornya dan dipertimbangkan untuk dikaji. Bapak presiden yang minta, untuk diberikan insentif PPh Badan 10 persen,” ujar Airlangga.

Hal itu, telah sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP), tarif pajak badan (PPh) sebesar 22 persen. Dengan insentif 10 persen, maka pelaku usaha di bidang pariwisata hanya perlu membayar 12 persen saja per tahunnya.

BACA JUGA:   Tiap Bertemu Prabowo, Airlangga: Kita Tea Time
Share this Article
Leave a comment