Ad imageAd image

Kemenkes Luncurkan Platform Kesehatan Digital SATUSEHAT

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 882 Views
1 Min Read
Peluncuran SATUSEHAT (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan platform pelaporan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan bernama SATUSEHAT.

“Jadi di Puskesmas yang tadinya bikin laporan mengisi aplikasi segala macam itu semuanya ada 400 aplikasi, nanti dengan SATUSEHAT itu akan menjadi 8 aplikasi,” ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, dalam keterangannya, Senin, (27/02/2023).

Dante menjelaskan SATUSEHAT merupakan salah satu cara Kemenkes mengintegrasikan data rekam medis pasien di fasilitas kesehatan ke dalam satu platform Indonesia Health Services. Platform ini merupakan perwujudan dari pilar ke enam transformasi sistem kesehatan, yaitu pilar transformasi teknologi kesehatan.

BACA JUGA:   Dirjen WHO Hadiri The 1st G20 Health Ministers Meeting di Jogja

Peluncuran platform SATUSEHAT dilakukan di sela-sela acara Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) pada 23-24 Februari 2023. Acara itu diikuti 800 peserta kepala dinas kesehatan provinsi, kabupaten/kota, direktur rumah sakit, dan kepala lab kesehatan masyarakat.

Rakerkesnas 2023, kata Dante, mengusung tema Harmoni Transformasi Pusat dan Daerah untuk mengoptimalkan dan mempercepat hasil kerja pembangunan kesehatan. Sinergi sistem kesehatan nasional agar lebih kuat, siaga, antisipatif, responsif, dan tangguh dalam menghadapi ancaman kesehatan.

Share this Article
Leave a comment