Ad imageAd image

Kemenkes Bakal Gratsikan Vaksin Kanker Serviks

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 763 Views
2 Min Read
Vaksin human papillomavirus. (Foto Istimewa)

INDORAYA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Ri berupaya menekan angka kanker serviks di Indonesia. Salah satunya adalah rencana untuk menggratiskan vaksin human papillomavirus (HPV).

“HPV ini untuk mencegah kanker serviks, ya, yang bisa dicegah dengan imunisasi. Programnya akan berlanjut, bukan hanya kepada anak-anak, tetapi kepada seluruh,” ujar Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril, Rabu (24/5/2023).

Namun, Syahril menambahkan, belum bisa dipastikan waktu pelaksanaan dan usia sasaran program pemberian vaksinasi HPV gratis untuk usia dewasa tersebut.

“Belum ada, tetapi sudah masuk dalam program. Artinya, pemerintah dalam artian Kementerian Kesehatan harus membuat juknisnya lebih jelas tentang kesiapan vaksinnya, kemudian kesiapan pedoman dan teknis pelaksanaannya,” jelas dr. Syahril.

BACA JUGA:   Kemenkes Sarankan Anak Batuk Pilek Tak Perlu Berangkat Sekolah

“Contoh, ini akan dimulai pada usia berapa, kemudian akan diberikan berapa kali, dan prioritasnya bagaimana,” tambahnya.

Vaksinasi HPV berfungsi sebagai perlindungan tubuh dari jenis HPV tertentu yang dapat menyebabkan kanker atau kutil kelamin. Vaksin ini dikenal dengan nama Gardasil 9 yang pada dasarnya dapat melindungi:

HPV tipe 16 dan 18, yakni dua tipe yang menyebabkan 80 persen kasus kanker serviks

HPV tipe 6 dan 11, yang dapat menyebabkan 80 persen kasus kanker serviks

Lima jenis HPV lainnya (tipe 31, 33, 45, 52, dan 58) yang dapat menyebabkan kanker serviks, anus, vulva atau vagina, penis, atau tenggorokan.

BACA JUGA:   Kemenkes Resmi Membuka Lima Beasiswa Kesehatan 2023
Share this Article