Ad imageAd image

Kemenhub Sediakan 24.073 Kuota Mudik Gratis 2023

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 834 Views
2 Min Read
Ilustrasi mudik (Dok. Istimewa)

INDORAYA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 24.072 kuota penumpang mudik gratis pada Ramadan 2023. Kuota penumpang tersebut dibagi menjadi 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan kemenhub menyiapkan 585 bus yang dibagi untuk arus mudik 459 bus dan arus balik 126 bus untuk progra mudik gratis.

Adapun kota tujuan arus mudik tersebar di berbagai wilayah. Untuk Sumatera, kota tujuan arus mudik adalah Palembang dan Lampung. Kemudian di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

BACA JUGA:   Kuota Mudik Gratis Kemenhub Bakal Ditambah

Sementara di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada 18 kota, yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri.

Kemudian, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. Lalu di Jawa Timur ada lima kota yakni Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Sementara untuk arus balik tersedia untuk delapan perjalanan yaitu Cirebon-Jakarta, Madiun-Jakarta, Surabaya-Madiun, Semarang-Jakarta, Solo-Jakarta, Purwokerto-Cirebon, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta.

“Memang kalau dari sisi jumlah kota di Pulau Sumatra dan Jawa tidak mungkin semua akan dilayani, tapi tentunya kami mencoba mendekatkan ke tujuan-tujuan pemudik,” ujar Suharto dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Senin (13/03/2023).

BACA JUGA:   Begini Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub

Pendaftaran mudik dan arus balik gratis dimulai 13 Maret hingga 14 April. Penumpang arus mudik akan diberangkatkan pada 18 April dan 19 April. Sementara arus balik akan berangkat pada 28 April.

Tak hanya untuk penumpang, Kemenhub juga menyediakan layanan pengangkutan sepeda motor gratis dengan menggunakan truk. Sebanyak 30 truk disediakan untuk mengangkut 900 sepeda motor pada arus mudik dan arus balik.

Kota asal tujuan pengangkutan mudik dan balik balik sepeda motor untuk pulang-pergi yaitu Solo-Jakarta, Semarang-Jakarta, Purwokerto-Jakarta, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta. Sepeda motor akan diberangkatkan pada 17 April ke tujuan mudik dan pada arus balik diberangkatkan pada 27 April.

BACA JUGA:   Pemkab Batang Kirim 3 Bus Mudik Gratis ke Jakarta
Share this Article
Leave a comment