Ad imageAd image

Kemendikbud Minta Kampus Lebih Ketat Seleksi Penerima KIP Kuliah

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 815 Views
1 Min Read
Ilustrasi KIP Kuliah. (Dok: Istimewa)

INDORAYA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) meminta kampus lebih ketat dalam menyeleksi penerima bantuan biaya pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Hal itu disampaikan merespons viral mahasiswa penerima program KIP Kuliah diduga bergaya hidup mewah.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbudristek mengatakan tanggung jawab menyeleksi penerima bantuan KIP Kuliah ada di pihak perguruan tinggi.

“Kami minta ke perguruan tinggi agar betul-betul menyeleksi penerimanya agar tepat sasaran sesuai kriteria, karena tanggung jawab menyeleksi penerima sesuai ketentuan adalah Perguruan Tinggi,” kata Kahar, pada Rabu (1/5/2024).

BACA JUGA:   Kuota KIP Kuliah Terbatas, Begini Penjelasan Puslapdik

Terkait peristiwa yang viral, Kahar mengaku pihaknya telah mendapat informasi soal itu dan menyayangkan ada penerima KIP Kuliah yang bergaya hidup mewah.

Kahar menjelaskan bantuan KIP Kuliah bisa dihentikan di tengah jalan jika ditemukan bukti penerima tidak sesuai ketentuan.

Ia mengatakan penghentian itu diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek.

“Dibuka ruang untuk dilakukan penghentian penerima di tengah jalan, tentu dengan syarat; ditemukan adanya anak penerima KIP Kuliah tidak sesuai dengan ketentuan seperti terbukti yang bersangkutan bukan dari keluarga kurang mampu,” kata Kahar.

BACA JUGA:   Kuota KIP Kuliah Terbatas, Begini Penjelasan Puslapdik
Share this Article
Leave a comment