Ad imageAd image

Kemenag Buka Beasiswa Maroko, Cek Tanggal Pendaftarannya

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 654 Views
3 Min Read
Ilustrasi, Kemenag Buka Beasiswa Maroko, Cek Tanggal Pendaftarannya. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kementerian Agama RI mengumkan beasiswa Maroko untuk calon mahasiswa Indonesia kembali dibuka. Pihak kementerian juga kembali menerima kepercayaan dari Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) untuk melakukan seleksi beasiswa bagi calon mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, ada 30 kuota beasiswa tahun ini untuk para mahasiswa yang ingin kuliah di Maroko. Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengatakan pendaftaran mulai dibuka pada 15- 23 Mei 2023.

“Seleksi dibuka bagi lulusan Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan Muadalah di Indonesia,” ujarnya dikutip dari laman resmi Kemenag.

BACA JUGA:   ACYLS Buka Beasiswa S2-S3 ke China, Berikut Info Lengkapnya

Seleksi Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Maroko akan dilaksanakan oleh Konsorsium Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Ada 15 PBB PTKIN yang terlibat. Diantaranya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alauddin Makassar dan UIN Sumatera Utara Medan.

Kemudian ada UIN Ar Raniri Banda Aceh, UIN Antasari Banjarmasin, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan UIN Mataram.

Lalu ada UIN Imam Bonjol Padang, UIN Raden Intan Lampung, UIN Walisongo Semarang dan UIN Sulthan Thaha Saefuddin Jambi.

BACA JUGA:   3 Tawaran Beasiswa Kuliah ke Inggris

Ali Ramdhani mengatakan, petunjuk teknis seleksi diatur secara terpisah oleh Konsorsium Pusat Bahasa PTKIN melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore dan iOS atau pengguna HP Android atau iPhone.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) M Zainul Hamdi menambahkan, setelah pendaftaran akan dilakukan proses verifikasi dan validasi dokumen dari 16 – 24 Mei 2023.

Peserta yang lolos seleksi administrasi akan menerima akun virtual yang diberikan pada 24 Mei 2023. Selanjutnya, Kemenag akan mengumumkan penetapan calon peserta pada 27 Mei 2023.

BACA JUGA:   Pendaftaran LPDP Tahap 2 Dibuka Juni 2023, Simak Info Lengkapnya!

Zainul Hamdi mengatakan, seleksi calon penerima beasiswa kuliah di Maroko dilakukan melalui Computer Based Test (CBT) dan wawancara.

“Seleksi Tes CBT digelar 28 Mei 2023. Sehari sebelumnya akan digelar simulasi CBT. Peserta yang lolos CBT akan diumumkan pada 29 Mei 2023,” paparnya.

Seleksi Wawancara digelar 3 sampai 4 Juni 2023. Peserta yang lulus akan diumumkan 9 Juni 2023.

Kemudian ia mengatakan, 30 peserta yang dinyatakan lulus akan diajukan sebagai calon penerima beasiswa AMCI tahun 2023-2024. Mereka juga harus melengkapi pemberkasan melalui Kementerian Agama.

Share this Article
Leave a comment