Ad imageAd image

Jumlah Pengungsi Korban Banjir di Demak Bertambah, Jadi 1.292 Jiwa

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 831 Views
2 Min Read
Korban banjir di Demak. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Jumlah pengungsi korban banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, semakin bertambah menjadi 1.292 jiwa. Saat ini mereka mengungsi di Kabupaten Kudus, menyusul genangan banjir belum menunjukkan tanda-tanda surut.

Sebelumnya, pada Jumat (9/2/2024) warga yang ikut mengungsi di Jembatan Tanggulangin, Terminal Jati Kudus, Balai Desa Jati Wetan, dan Kantor Koramil Jati, ada sebanyak 590 jiwa.

“Data pengungsi per hari ini, termasuk yang mengungsi di rumah-rumah penduduk jumlahnya mencapai 1.292 jiwa,” kata Camat Jati, Kabupaten Kudus Fiza Akbar di Kudus, Sabtu (10/2/2024).

BACA JUGA:   KPU Demak Putuskan Pemilu Susulan di Sembilan Desa Terdampak Banjir

Fiza menyampaikan, ribuan pengungsi itu berasal dari Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Karena itu, katanya, jumlah tempat pengungsian juga bertambah, di antaranya di DPRD Kudus, Jati Kulon, Loram Kulon, Ngembal Kulon, Jepang Pakis, dan Tanjung Karang, serta di sejumlah rumah warga.

Fiza menyampaikan, Terminal Induk Jati Kudus disediakan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum para pengungsi.

Sementara itu, Pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Jateng Gatut Rudi Ruliyanto, menyebut pihaknya mengerahkan anggota Tagana dari berbagai daerah untuk bertugas di dapur umum.

BACA JUGA:   BPKH Bersama Rumah Zakat Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

“Kami pastikan untuk kebutuhan makan dan minum para pengungsi terpenuhi, karena petugas di dapur umum juga dibuat tiga shift. Setiap shift ada 25 orang,” tutur dia.

Selain itu, katanya, pihaknya juga menyediakan kasur, tenda gulung, paket berisi alat kebersihan, pakaian serta perabot darurat, perlengkapan anak, selimut, sandang dewasa, dan sandang anak dengan jumlah cukup banyak.

Share this Article
Leave a comment