Ad imageAd image

Jokowi Serahkan 109 Juta Sertifikat Kepada Masyarakat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 902 Views
1 Min Read
Presiden RI Jokowi (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan total sudah 109 juta sertifikat kepada masyarakat.

Mulanya, Jokowi menyebut seharusnya 126 juta sertifikat tanah sudah dipegang oleh masyarakat. Namun pada 2015, baru ada 46 juta sertifikat yang dipegang warga.

“Artinya yang masih ada bidang tanah tanpa sertifikat masih 80 juta bidang, sehingga kalau ada banyak konflik tanah dan agraria ya kita harap maklum. Karena 80 juta sertifikat belum diberikan kepada masyarakat,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

BACA JUGA:   Cerita Di Balik Pemilihan Baju Adat Bangka Belitung Presiden Jokowi Untuk Menghadiri Sedang Tahunan MPR RI

“Artinya rakyat harus menunggu 160 tahun lagi agar semuanya bisa dapat sertifikat. 160 tahun lagi, siapa yang mau menunggu selama itu? Tunjuk jari, saya beri sepeda,” jelasnya.

Namun dengan progres yang sudah dilakukan, sudah ada 109 juta sertifikat tanah yang diserahkan ke masyarakat. Tahun depan, pemerintah menargetkan sertifikat tanah yang dikeluarkan mencapai 120 juta.

“Tapi dengan lompatan kecepatan yang kita miliki saat ini, sampai hari ini totalnya sudah 109 juta sertifikat yang kita berikan ke masyarakat. Total,” imbuh Jokowi.

BACA JUGA:   Soal Dukungan Jokowi, Prabowo: Penting Tapi Saya Tidak Mau 'Ge Er'

“Saya bisik-bisik ke menteri ATR (Hadi Tjahjanto), 2024 capai angka berapa? Kurang lebih, yang janji bukan saya, pak menteri ATR/BPN. Kurang lebih 120 juta sertifikat,” terangnya.

 

Share this Article
Leave a comment