Ad imageAd image

Jokowi Sebut Perpanjangan Batas Usia Pensiun TNI Masih Proses

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 880 Views
1 Min Read
Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perpanjangan batas usia pensiun untuk Panglima TNI masih dalam proses. Namun ia tidak menjelaskan proses yang dimaksud.

“Masih dalam proses,” kata Jokowi di Pasar Jatinegara, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Wacana perpanjangan batas usia pensiun panglima TNI mencuat jelang berakhirnya masa bakti Yudo Margono. Sejumlah perwira TNI Angkatan Laut menggugat batas usia pensiun TNI ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan terhadap pasal 53 Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 diajukan oleh Kolonel TNI Chk Sumaryo, Sersan Kepala TNI Suwardi, Kolonel TNI (Purn) Lasman Nahampun, Kolonel TNI (Purn) Eko Haryanto, serta Letnan Dua TNI (Purn) Sumanto.

Mereka meminta MK untuk mengubah batas usia pensiun perwira tinggi TNI dari 58 tahun ke 60 tahun.

Perpanjangan batas usia pensiun untuk Panglima TNI juga mulai menjadi sorotan anggota dewan. Ketua Komisi I Meutya Hafid mengakui ada opsi itu, tetapi ia menunggu pernyataan langsung dari pemerintah.

“Ya, itu opsi, ada opsi perpanjangan, ada opsi pergantian dalam waktu dekat kedua posisi secara bersamaan ya karena Panglima TNI dan KSAD, tapi ini silakan pemerintah godog, khususnya presiden,” ujar Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Share this Article