Ad imageAd image

Jokowi Sebut Kelangkaan Air Bisa Picu Perang Dunia di World Water Forum

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 598 Views
2 Min Read

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perang di masa depan bisa dipicu kelangkaan air di berbagai belahan dunia dalam Forum Air Dunia (World Water Forum) ke-10, di Bali, Senin (20/5/2024).

Jokowi mengatakan air perlu dikelola dengan baik agar tak menjadi bencana. Menurutnya, jika tidak ada air, tak ada pula kedamaian, kehidupan, dan pertumbuhan.

“Kelangkaan air juga dapat memicu perang serta bisa menjadi sumber bencana. Too much water maupun too little water keduanya dapat menjadi masalah bagi dunia,” kata Jokowi.

BACA JUGA:   Jokowi Izinkan Menterinya Maju Capres-Cawapres

Kemudian, Jokowi mengutip pendapat Bank Dunia soal pengaruh air bagi ekonomi. Dia menyebut kekurangan air dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi sampai 6 persen hingga tahun 2050.

Dia juga mengingatkan bahaya kelangkaan air dalam beberapa puluh tahun ke depan. Jokowo mengingatkan 72 persen permukaan bumi ditutup air, tetapi hanya 1 persen di antaranya yang bisa dikonsumsi.

“Bahkan di tahun 2050, 500 juta petani kecil sebagai penyumbang 80 persen pangan dunia diprediksi paling rentan mengalami kekeringan,” ujar Jokowi.

Dia mengajak para pemimpin dunia mengelola air bersama dengan bijak. Indonesia menawarkan empat inisiatif untuk pengelolaan air dunia.

BACA JUGA:   Pesan Jokowi untuk Pemerintah Baru: Hati-hati Kelola Negara

Pertama, penetapan Hari Danau Dunia. Lalu pendirian Center of Excellence di Asia Pasifik. Ketiga, tata kelola air berkelanjutan di negara pulau kecil dan yang keempat penggalangan proyek-proyek air.

“Yang Mulia, air bukan sekadar produk alam, tetapi merupakan produk kolaborasi yang mempersatukan kita sehingga butuh upaya bersama untuk menjaganya,” ucapnya.

Share this Article