Ad imageAd image

Jokowi Resmikan SPAM Penyedia Air Bersih di Semarang Barat

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 679 Views
2 Min Read
Presiden Jokowi meresmikan SPAM di Semarang Barat. (Foto: Sekretariat Kabinet)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo, meresmikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat Kota Atlas. SPAM ini dikelola secara kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak swasta.

“Semarang ini contoh yang baik, karena dibangun sistem KPBU,” kata Joko Widodo saat peresmian SPAM Semarang Barat, di Semarang, Selasa (23/1/2024).

Jokowi menyampaikan, Kota Semarang merupakan contoh yang baik dalam pemeliharaan air. Hal itu, ditunjukkan dengan dibangunnya SPAM Semarang Barat yang merupakan program hulu sampai hilir.

BACA JUGA:   Diolok-olok Warganet, Kaesang Pangarep Turun Tangan Bela Ibunya

Dia menyebut SPAM Semarang Barat dibangun dengan anggaran total Rp870 miliar, terdiri atas anggaran dari pusat sebesar Rp329 miliar, Pemerintah Kota Semarang Rp124 miliar dan swasta Rp417 miliar.

“Yang kita lihat, proyek ini sehat, karena sambungan pipanya lebih 60 persen. Dan kapasitas 1.000 liter per detik. Melayani 70 ribu sambungan rumah tangga, melayani 350 ribu jiwa di Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu,” jelas dia.

Kata Jokowi, SPAM Semarang Barat merupakan proyek percontohan pembangunan pipa perkotaan sehingga berharap mega proyek tersebut bisa dikelola dengan baik.

BACA JUGA:   Presiden Minta PSSI Audit Seluruh Stadion Sepakbola di Indonesia

“Terakhir, saya titip SPAM Semarang Barat agar dikelola dengan baik, dan berfungsi dengan baik harga terjangkau dan berkesinambungan,” tutur dia.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyampaikan SPAM Semarang Barat merupakan proyek kolaborasi antara pemerintah pusat, yakni Kementerian PUPR, pemkot, dan pihak swasta.

Katanya, SPAM itu akan memenuhi kebutuhan air minum di Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu.

“Dengan sistem KPBU ini ada kepedulian dari pemkot, misalnya tahun 2023 lalu kami ada penyertaan modal bertahap melalui PDAM. Tahun ini terakhir, kami sertakan modalnya,” kata dia.

BACA JUGA:   Jokowi Letakan Batu Pertama Rumah Sakit di IKN Senilai 2 Triliun

Perempuan yang akrab disapa Ita, berharap program KPBU tersebut bisa diwujudkan dengan penyediaan air bersih bagi masyarakat, dan menjadi contoh pola KPBU yang berhasil.

Share this Article
Leave a comment