Ad imageAd image

Jokowi Resmikan RSUD Anutapura Palu: Rumah Sakit Pertama Anti Gempa

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 798 Views
1 Min Read
Presiden Jokowi Resmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura di Palu. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura di Palu, Sulawesi Tengah. Rumah sakit ini sebelumnya mengalami kerusakan akibat gempa Sulteng pada tahun 2018.

“Dalam waktu dekat, kita akan meresmikan rekonstruksi gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura yang dilaksanakan dari tahun 2021 hingga tahun 2024,” ujar Jokowi dalam video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, dilansir hari Rabu (27/3/2024).

Jokowi menambahkan bahwa gedung rumah sakit ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk ruang IGD, ruang kebidanan, poliklinik radiologi, laboratorium, ruang rawat inap, dan instalasi bedah sentral.

Selain itu, RSUD Anutapura Palu menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi berbasis sistem isolasi untuk menahan dampak seismik akibat gempa.

“Tadi saya diberikan gambaran bahwa di bawah gedung ini terdapat shockbreaker, sehingga dapat menghadapi gempa dengan kelenturan, meskipun kita tidak berharap ada gempa terjadi,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menyatakan bahwa dengan dibangunnya kembali RSUD Anutapura setelah gempa, diharapkan masyarakat dapat menerima pelayanan komprehensif tanpa perlu dirujuk ke kota lain.

“Ini adalah rumah sakit pertama yang tahan terhadap gempa, dan teknologinya juga sudah maju,” ujar Menkes.

Share this Article
Leave a comment