Ad imageAd image

Jokowi Panggil Nadiem ke Istana Bahas Polemik UKT Mahal

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 822 Views
1 Min Read
Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim ke Istana setelah polemik uang kuliah tunggal (UKT) mahal.

“Bahas beberapa isu pendidikan, mau lapor Pak Presiden. Iya (terkait UKT) dan ada beberapa isu,” kata Nadiem di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5/2024).

Sebelumnya Nadiem juga sudah diundang DPR dalam rapat kerja (raker) pada Selasa (21/5/2024). Dia dicecar tentang kenaikan UKT yang mempersulit akses pendidikan.

“Untuk itu kami minta pemerintah menjelaskan ke mana sih anggaran Rp665 triliun itu? Supaya masyarakat tahu dan paham apa fungsi pendidikan dan apa yang dilakukan Kemendibudristek untuk meredam mahalnya biaya pendidikan,” ucap Pimpinan Rapat Komisi X Dede Yusuf pada rapat Komisi X DPR RI pada Selasa (21/5/2024) lalu.

BACA JUGA:   BPJS Kelas 1,2,3 Dihapus, Bakal Diganti KRIS

Nadiem beralasan kenaikan UKT hanya terjadi di kelompok tingkat atas. Menurutnya, jumlah mahasiswa di kelompok itu sedikit.

“Dan kita melihat kebijakan UKT ini tidak akan berdampak bagi klasifikasi UKT di tingkat-tingkat rendah,” ucap Nadiem dalam rapat bersama DPR.

Share this Article