Ad imageAd image

Jokowi Nyatakan Indonesia Ikut Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 715 Views
2 Min Read
Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk bangsa Palestina serta memperjuangkan perdamaian dunia. Hal ini sebagai bagian dari konsistensi Indonesia dengan politik bebas aktif.

“Saudara-saudara sebangsa dan setengah air, Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina, dan memperjuangkan perdamaian dunia,” kata Presiden dalam Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2024, Dumai, Sabtu (1/6/2024).

Ia kemudian menyampaikan peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh. Itu tercermin dari kepemimpinan Indonesia di G20 yang berhasil, telah menjadi ketua ASEAN, termasuk melalui World Water Forum yang baru saja diselenggarakan.

BACA JUGA:   Prabowo Temui Jokowi di Istana Sore Ini

“Keaktifan dalam dunia internasional tidak menyurutkan perjuangan kita untuk berdikari dalam bidang ekonomi,” ujar Jokowi.

Menurutnya, kita harus bersyukur karena Indonesia tetap kokoh, terus stabil, terus bersatu-padu, terus tumbuh ekonominya di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas.

“Kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa, karena kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah,” tegas Jokowi.

BACA JUGA:   Jokowi Sebut Belum Ada Jadwal Bertemu Yasin Limpo Setelah Mundur dari Mentan

Oleh karena itu, Presiden mengatakan, Indonesia harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi.

 

Share this Article